Kamis 31 Mar 2016 20:40 WIB

Balai Arkeologi: Puluhan Goa Jepang Terbengkalai

Salah satu kawasan cagar budaya, Goa Jepang, Pundong, Bantul, DIY.
Foto: purbakalayogya.com
Salah satu kawasan cagar budaya, Goa Jepang, Pundong, Bantul, DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Balai Arkeologi Yogyakarta menyebutkan saat ini terdapat puluhan goa dan bunker peninggalan masa penjajahan Jepang yang kondisinya terbengkalai dan tidak terawat, padahal bangunan peninggalan sejarah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata.

"Keberadaan bangunan goa-goa dan bunker peninggalan penjajahan Jepang, sampai saat ini belum dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah setempat, seperti yang ada di Kabupaten dan Bantul," kata Peneliti Sarana Pertahanan Jepang Masa Perang Dunia Kedua, Balai Arkeologi Yogyakarta Muhammad Chawari, Kamis (31/3).

Menurut dia, ada lebih dari 25 goa yang berada di Kabupaten Sleman, dan yang terbanyak berada di kawasan lereng Gunung Merapi yang sampai kini masih terbengkalai. "Padahal goa-goa itu merupakan suatu potensi yang bisa dimanfaatkan pemerintah daerah sebagai objek wisata, sehingga bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dari sisi wisatanya, dan juga bisa untuk menambah wawasan bagi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, di Sleman goa peninggalan Jepang terbanyak di lereng Gunung Merapi yang jumlahnya mencapai 25 unit, tepatnya di atas Telaga Nirmala dan Tlogo Putri. Kemudian ada empat goa yang di bukit Candi Abang, Berbah. "Di Bantul ada di bukit dekat Pantai Parangtritis," katanya.

Chawari mengatakan, goa-goa peninggalan Jepang tersebut mempunyai unsur pertahanan dan penyerangan. Digunakan oleh Jepang pada masanya menduduki Indonesia. "Dilihat dari sisi konstruksinya, di dalamnya ada jalur-jalur 'tikus' (jalur kecil)," katanya.

Ia mengatakan, dikhawatirkan jika tidak dikelola dengan baik akan mengalami hal yang sama dengan goa-goa Jepang di daerah lain. Seperti di Purworejo, Kudus, dan Lumajang. "Di Purworejo dan Kudus itu masih banyak yang tertutup oleh tanah. Selain itu juga ada goa yang sudah ada pemanfaatan. Tapi tidak tepat," katanya.

Goa Jepang yang berada di tengah pemukiman, kata dia, ada yang digunakan sebagai gudang oleh warga. "Bahkan, di Lumajang, Jawa Timur ada yang dipakai untuk tempat menimbun sampah," katanya.

Ia mengatakan, untuk bangunan bunker, karena ada konstruksi beton cornnya, kemudian dirusak untuk diambil besinya, dan dijual. "Goa dan bunker dulu digunakan untuk sarana offensive (menyerang) dan tempat bersembunyi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement