Selasa 29 Mar 2016 08:48 WIB

INACEB Perkuat Industri MICE untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik dilantiknya Dewan Pengurus Indonesia Convention & Exhibition Bureau (INACEB) periode 2015-2020. INACEB akan menjadi mitra pemerintah dalam mempromosikan berbagai kota di Indonesia untuk menjadi tuan rumah berbagai kegiatan MICE Internasional.

Keberadaan INACEB akan mengintegrasikan seluruh kekuatan industri MICE untuk dapat bersaing di pasar internasional.

"Pembentukan INACEB juga menunjukkan pentingnya potensi pameran, konferensi dan acara bisnis dalam mengkontribusi pendapatan sektor pariwisata Indonesia serta dampak ekonomi yang signifikan melalui peningkatan jumlah pengunjung, tingkat hunain hotel, penerbangan dan high spending power dari delegasi MICE," ujar Arief Yahya usai mengukuhkan Dewan Pengurus INACEB, Senin (28/3) kemarin.

Menurut Menpar, wisatawan yang datang untuk tujuan MICE memiliki kelebihan dibanding wisatawan biasa. Yaitu umumnya adalah opinion leader dari kalangan pengusaha, profesional maupun pemerintahan, yang melakukan kegiatan pada low-season.

Mereka juga datang dalam jumlah besar, dengan tingkat pengeluaran selama berada di destinasi tuan rumah kegiatan MICE menurut International Congress & Convention Association (ICCA) adalah tujuh kali lipat dari wisatawan biasa.

Budi Tirtawisata, Ketua INACEB menyampaikan bahwa dalam lima tahun ke depan pihaknya akan menjalankan tiga skala prioritas program kerja. Yaitu penguatan database destinasi dan pasar sasaran yang potensial dalam rangka menjadikan INACEB sebagai voice of MICE Indonesia yang mampu memberikan semua informasi yang dibutuhkan tentang kesiapan destinasi MICE Indonesia.

Selanjutnya yang kedua adalah mengoptimalkan kegiatan promosi, baik saat berpartisipasi dalam trade show di berbagai negara maupun delegate boosting yang bertujuan mendongkrak jumlah delegasi yang hadir pada acara MICE yang dimenangkan Indonesia.

"Selain itu juga INACEB akan meningkatkan network dengan membangun hubungan internasional sebagai anggota di asosiasi MICE seperti ICCA, UFI, UIA atau AAVCB," ujar Budi.

Sementara yang ketiga adalah memenangkan bidding kerja sama yang lebih baik dengan asosiasi nasional melalui Ambassador Program.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement