Senin 28 Mar 2016 20:06 WIB

Kemendikbud: Soal UN Berbasis Komputer Masih Belum Diinstal

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri
Ujian nasional
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ujian nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam mengatakan, soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 masih belum diinstal sampai saat ini.

Menurut dia, penginstalan ini baru akan dilakukan tiga hari sebelum pelaksanaan UN pada 4 April mendatang.

"Penginstalannya ini tidak memakai CD ya," ujar Nizam kepada wartawan di Gedung C, Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (28/3). Sekolah hanya perlu melakukan sinkronisasi dengan pusat.

Berkenaan dengan bentuk soal UNBK yang dikirim ke sekolah, Nizam mengatakan, ini awalnya akan berbentuk enkripsi. Enkripsi akan berubah menjadi soal ‘sesungguhnya’ saat pelaksanaan ujian. Sementara yang bisa mengubahnya hanyalah siswa yang masing-masing memiliki token.

Nizam juga menambahkan, sistem UNBK juga terus diperbaiki. Salah satu di antaranya adalah soal ‘listening’ yang biasa dilakukan peserta saat mata pelajaran bahasa Ingggris. Untuk tahun ini, soal UN termasuk audio ‘listening’ sudah disatukan ke dalam aplikasi UNBK.

"Jadi kayak mendengarkan MP3 masing-masing," kata Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM).

Sebelumnya, kata Nizam, audio ‘listening’ diterapkan secara terpisah dengan aplikasi UNBK di komputer peserta. Peserta harus mendengarkan audio yang didengarkan bersama dalam satu kelas. Namun pada praktiknya ternyata sering mengalami gangguan. Misal, dia melanjutkan, suara yang tidak jelas atau tidak sinkronisasinya dengan soal yang tertera pada aplikasi UNBK.

Sebagai informasi, penyelengraan UN termasuk UNBK dan UN Kertas Pensil (UNKP) di SMA akan dilaksanakan 4 – 6 April 2016 sedangkan SMK hingga 7 April. Ujian susulan pada tingkatan ini akan dilakukan pada 11 – 13 April sedangkan SMK sampai 14 April.

Selanjutnya pada tingkat SMP/sederajat akan diselenggarakan pada 9 – 12 Mei 2016. Sementara UN susulannya akan dilaksanakan pada 16 – 19 Mei 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement