Ahad 27 Mar 2016 14:15 WIB

Lewati Tanjakan, Bus Tabrak Teras Rumah Pinggir Jalan

Anggota kepolisian melakukan identifikasi bus yang mengalami kecelakaan di Km 202 Tol Palikanci, Ciperna, Jawa Barat, Selasa (14/7).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Anggota kepolisian melakukan identifikasi bus yang mengalami kecelakaan di Km 202 Tol Palikanci, Ciperna, Jawa Barat, Selasa (14/7). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUARA TEWEH -- Sebuah mobil angkutan penumpang bus "Hayak Tamara" yang melayani rute Muara Teweh-Banjarmasin menabrak teras rumah warga di jalan negara kilometer satu Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru saat menaiki tanjakan di jalan berbukit atau tanjakan kedua setelah jembatan KH Hasan Basri Muara Teweh.

"Saat menaiki tanjakan tinggi ini sudah jarak yang cukup jauh dengan mobil Avanza di depan, tapi saat di pertengahan tanjakan mobil Avanza itu berjalan lambat seperti tidak normal atau mau mogok. Karena itu saya mengurangi kecepatan agar tidak menabrak, dan ketika ingin mengoper ke gigi rendah, tiba-tiba macet atau tidak bisa hingga posisi gigi menjadi netral," kata supir bus Hayak Tamara, Arul di Muara Teweh, Ahad (27/3).

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (26/3) sekitar pukuylk 16.45 WIB saat itu bus dengan nomor polisi KH 7454 E berangkat dari terminal PBB Muara Teweh dengan membawa sembilan penumpang, karena tidak bisa melewati tanjakan sehingga bus berjalan mundur ke belakang hingga menabrak teras depan rumah warga yang ada di pinggir jalan negara tersebut.

Menurut dia, untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan-kendaraan lainnya yang ada di belakang, maka membanting stir hingga ke luar jalur badan jalan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun bus yang berjalan mundur dengan kondisi mesin yang masih hidup menabrak bagian teras depan rumah warga. Diketahui bahwa pemilik rumah tersebut adalah Bahtiar.

"Untuk para penumpang yang tadinya ikut bus Hayak Tamara dari Muara Teweh menuju ke Banjarmasin sudah kita pindahkan ke armada lain. Kondisi mereka baik-baik saja dan tidak mengalami luka-luka atau cidera," katanya.

Penjaga loket bus, Ahmad Yani menambahkan untuk evakuasi mobil bus Hayak Tamara, pihaknya masih mencari alat berat untuk menariknya, sebab kondisi mobil bus ini miring kesebelah kanan, karena ban bagian sebelah kanan mobil terperosok.

"Saat ini kita sedang melakukan evakuasi bus dengan menggunakan alat berat jenis excavator, agar bus bisa kembali ke badan jalan," kata Yani. Sementara pemilik rumah Bahtiar yang terkena imbas dari kecelakaan di daerah itu sudah sering terjadi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement