Ahad 27 Mar 2016 08:30 WIB

Arus Balik Libur Panjang, Kendaraan Menuju Jakarta Mulai Padat

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Tol Cikampek
Foto: Antara
Tol Cikampek

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Memasuki arus balik libur panjang Paskah 2016, kondisi lalu lintas di GT Cikarang Utama Tol Jakarta-Cikampek mulai menunjukkan peningkatan. Kepadatan kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta naik sebesar 16 persen.

Humas PT Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto, mengatakan, memasuki akhir musim libur pada Sabtu (26/3), kendaraan yang melintas di gerbang tol Cikarang Utama dari arah Cikampek yang akan keluar ke arah Jakarta dan sekitarnya sebanyak 76.172 kendaraan.

"Jumlah ini menunjukkan kenaikan 16 persen dari lalu lintas normal di GT Cikarang Utama, yang berkisar 65.642 kendaraan," kata Iwan Abrianto kepada Republika, Ahad (27/3).

Dari arah sebaliknya, kata Iwan menjelaskan, kendaraan yang melaju dari Jakarta menuju ke Cikampek mengalami penurunan. Lalu lintas yang masuk di GT Cikarang Utama sebanyak 69.331 kendaraan, turun 6 persen dari lalu lintas normal 74.168 kendaraan.

Menurutnya, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Ahad (27/3) dengan volume lalu lintas sebanyak 94.000 kendaraan. Saat ini kondisi cuaca di lokasi terpantau cerah. Lalu lintas di kedua arah, baik yang menuju Jakarta maupun Cikampek, dilaporkan lancar.

"Untuk transaksi di GT Cikarang Utama, gardu tol otomatis (GTO) sudah dioperasikan reguler sampai dengan hari Senin (28/3) pukul 14.00," ujar Iwan, seraya menambahkan GTO Cikarang Utama bisa melayani pembayaran tunai dan E-toll. Dengan beroperasinya GTO tersebut, total gardu yang dioperasikan berjumlah 21 gardu. (C 38)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement