Rabu 23 Mar 2016 16:41 WIB

Bandara Juwata Diproyeksikan Jadi Transit Internasional

Ignasius Jonan
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Ignasius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Ignatius Jonan menyatakan Bandara Juwata diproyeksikan menjadi bandara transit internasional di Indonesia.

Ia mengatakan, dengan mempertimbangkan berbagai potensi yang ada ia yakin bandara tersebut bisa menjadi bandara transit internasional di Indonesia.

"Kita sudah lama tidak punya bandara seperti ini setelah perkembangan pesawat jet. Ke depan kita akan perluas minimal menjadi 2.500 m sehingga bisa digunakan untuk transit bagi wilayah-wilayah di Kalimantan, Malaysia, Brunei Darussalam, atau Filipina. Jadi nanti rute bisa Jakarta-Tarakan-Hongkong, atau Jakarta-Tarakan-Manila, atau Jakarta-Tarakan-Bandar Seri Begawan," katanya.

Bandar Udara Internasional Juwata di Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (23/3)

"Bandara Juwata Tarakan ini menjadi bandara yang akan menghubungkan provinsi, kota, dan akan menjadi bandara sebelah utara yang akan menghubungkan Filipina, Brunei, Malaysia, dan negara-negara lain," kata Presiden.

Ia menambahkan, ke depan Bandara Juwata akan diperpanjang lagi landas pacunya (runway) menjadi 2.500 meter dari sekarang yang sudah selesai dibangun sepanjang 2.250 m dengan lebar 45 m.

Gubernur Kaltara Irianto Lamrie mengatakan Bandara Juwata sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda dan memiliki arti yang sangat penting. Seiring waktu peran Bandara Juwata semakin penting.

"Pada tahun 2000 Bandara Juwata ini mempunyai landasan pacu 1.800 m ditetapkan sebagai bandara domestik dengan arus penumpang rata-rata 1.400 penumpang dan terus meningkat dengan pertumbuhan 13,8 persen per tahun," katanya.

Pertumbuhan itu, kata dia, membuat bandara tidak memadai lagi untuk menampung lebih banyak penumpang sehingga kemudian dibangun Terminal Baru yang lebih representatif sekaligus perpanjangan runway menjadi 2.250 m.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement