Selasa 22 Mar 2016 15:01 WIB

Waspadai Hujan Lebat dalam Beberapa Hari ke Depan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi hujan
Foto: EPA/Alaa Badarneh
Ilustrasi hujan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan kondisi dinamika atmosfer wilayah Indonesia menunjukkan adanya indikasi potensi hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Sumatra. Hal ini terpantau mulai kemarin Sore (21/3) hingga  menjelang pagi yang merata di wilayah sebagian besar Sumatra dengan intensitas hujan sedang hingga sangat lebat.

"Untuk itu perlu diantisipasi dalam beberapa hari ke depan dimana akumulasi curah hujan juga akan tinggi," ujar Deputi Bidang Meteorologi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yunus S Swarinoto, Selasa (22/3).

Dia menjelaskan potensi terjadi hujan lebat dipengaruhi oleh mulai aktifnya aliran massa udara yang cukup kuat dari barat (westerly wind burst & MJO) di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra, hingga Jawa bagian barat. Ini mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara dan belokan angin di beberapa wilayah di Indonesia termasuk wilayah sebagian besar Sumatera dan Jawa bagian barat.

Selain wilayah pesisir barat Sumatra, daerah lain yg berpotensi hujan lebat dalam tiga hari ke depan, antara lain Aceh bagian selatan, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau bagian utara, Jambi bagian barat, Bengkulu, Sumatra Selatan bagian barat, Lampung, Banten, Jawa Barat bagian barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah bagian selatan, Sulawesi Selatan bagian utara, dan Papua bagian utara.

Dengan masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia masyarakat diimbau tetap waspada dan siaga. "Terutama di daerah dataran tinggi atau pegunungan untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang, lahar dingin, dan tanah longsor serta daerah dataran yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir agar dapat menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi," kata Yunus.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 0216546315/18, web.meteo.bmkg.go.id, follow @infobmkg, info.bmkg android, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement