Senin 21 Mar 2016 17:50 WIB

Titik Api Sejumlah Kecamatan Padam Setelah Diguyur Hujan

Titik api akibat kebakaran hutan.
Foto: ANTARA FOTO
Titik api akibat kebakaran hutan.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKALIS -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mengutarakan titik api di beberapa kecamatan padam setelah wilayah itu diguyur hujan lebat, Ahad (20/3) malam dan Senin.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran BPBD Bengkalis, Suiswantoro di Bengkalis, Senin mengatakan beberapa titik api yang telah padam total tersebut diantaranya di Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis yang telah meludeskan lima hektar lahan, di Kecamatan Bantan dan di Bukit Batu serta titik api di kecamatan lainnya.

"Saat ini, Kabupaten Bengkalis nihil titik api," katanya menjelaskan.

Menurut dia, dikarenakan lahan yang terbakar merupakan lahan yang bergambut maka berpotensi besar kebakaran akan terulang lagi.

"Jika cuaca kembali ekstrim, maka berpotensi besar kebakaran kembali timbul dan kita berharap hal itu tidak terjadi lagi, terlebih kebakaran di lahan yang bergambut sulit dipadamkan," katanya.

Ia menghimbau seluruh masyarakat di delapan kecamatan itu untuk tidak melakukan pembakaran maupun membuka lahan dengan cara membakar.

Dengan api padam. Pulau Bengkalis saat ini sudah tidak diselimuti kabut asap lagi, meski pada Pagi Senin (21/3) kabut asap masih menebal di daerah itu.

Namun, hujan lebat yang hampir satu jam terjadi pada siang tadi membuat kabut asap menghilang dari udara Bengkalis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement