Kamis 17 Mar 2016 08:43 WIB

Sukabumi Minta Jalan Nasional yang Rusak Segera Diperbaiki

Rep: tiga nurul iman/ Red: Taufik Rachman
Jalan rusak
Foto: Antara
Jalan rusak

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Pemkot Sukabumi meminta pemerintah pusat agar segera memperbaiki jalan nasional yang rusak. Pasalnya, saat ini kondisi jalan nasional yang ada di Sukabumi mengalami kerusakan cukup parah.

‘’ Kita sudah sampaikan kepada pemerintah pusat untuk memperbaiki jalan nasional yang rusak,’’ ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada Republika, Kamis (17/3). Hal ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk menanggapi sejumlah keluhan dari warga terkait kondisi jalan nasional yang rusak.

Jalan berlubang cukup parah misalnya terdapat di Jalan KH Ahmad Sanusi, Kecamatan Gunungpuyuh dan Jalan Siliwangi Kecamatan Cikole. Kerusakan tersebut menyebabkan antrian kendaraan yang cukup panjang di setiap pagi dan sore hari.

Fahmi mengatakan, upaya perbaikan jalan nasional diharapkan dapat lebih baik daripada sebelumnya. Sehingga jalan nasional tidak mengalami kerusakan dalam waktu cepat.

Selain itu ujar Fahmi, pemkot meminta adanya aturan yang tegas mengenai lalu lintas angkutan yang melebihi tonase. Keberadaan truk yang melebihi tonase seringkali menjadi penyebab jalan rusak.

Pejabat Pelaksana Teknis, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Abdul Rahman mengatakan, upaya perawatan dan perbaikan jalan nasional merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Namun, kita akan koordinasikan dengan Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional supaya ada perhatian," cetus dia. Diakui Rahman, kerusakan jalan nasional di Sukabumi memang cukup banyak dan tersebar di sejumlah titik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement