Selasa 15 Mar 2016 13:51 WIB

Lima Ruko Bengkel Otomotif di Bekasi Terbakar

Rep: C38/ Red: Ilham
Petugas berusaha memadamkan kebakaran (ilustrasi)
Petugas berusaha memadamkan kebakaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sebanyak lima rumah toko bengkel otomotif di kompleks Ruko Mitra Bekasi Blok D, Jalan Ir Haji Juanda No 151 RT 01/RW 01 Kelurahan Durenjaya, Kecamatan Bekasi Timur mengalami kebakaran, Selasa (15/3). Tiga orang pegawai di salah satu ruko dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami luka bakar serius.

"Api diperkirakan mulai membesar pukul 09.30 akibat korsleting di ruko Bella Motor Blok D 12. Sebanyak tiga pegawai ruko Bella Motor sedang dirawat karena luka bakar," kata Ketua RW 01 Kel Durenjaya Bekasi Timur, Ali Agus kepada Republika.co.id di lokasi, Selasa (15/3).

   

Ruko yang terdiri dari dua lantai ini berlokasi di belakang Mall Ramayana, berdekatan dengan Pasar Baru Bekasi, Bekasi Timur. Api membakar lima ruko di kompleks Blok D nomor 10, 11, 12, 13, dan 14. Kelimanya difungsikan sebagai bengkel dan tempat penjualan suku cadang kendaraan.

Dari kelima ruko tersebut, Ali menuturkan, ada satu ruko yang kosong. Ruko D14 atas nama Weli diketahui sedang tidak difungsikan. Selebihnya, ruko Bella Motor Blok No. 12 atas nama Sugiarto, serta ruko Agip Blok No. 10, 11, dan 13 milik Iyan Wibowo.

Menurut informasi yang disampaikan Ali, sumber api berasal hubungan listrik arus pendek di lantai dua Ruko Bella Motor D 12. Dari ruko D 12, api merembet ke empat ruko di sekitarnya dalam waktu cepat. Namun, ada pula sejumlah saksi di lokasi yang mengatakan api berasal dari percikan api rokok yang menyambar bensin di lantai dua ruko D12. Penyebab pasti kebakaran saat ini masih dalam proses penyelidikan polisi.

Ali mengatakan, ketiga korban terlambat menyelamatkan diri dari kobaran api. Dua di antaranya mendapat luka bakar hingga 60 persen, sedangkan satu pegawai mengalami luka bakar ringan sekitar 30 persen. Korban luka bakar serius masing-masing bernama Kiwil (32 tahun) dan Anggi (27).

Kedua korban semula dilarikan ke RS Bella Bekasi Timur, namun segera dipindahkan ke RSUD Kota Bekasi untuk mendapatkan perawatan intensif. Tidak ada laporan adanya korban jiwa dalam insiden ini. Ali mengatakan, kerugian materiil diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 1,2 miliar.

Menurut pantauan di lokasi, ada empat unit pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi. Sebanyak 18 orang petugas pemadam kebakaran turut membantu proses pemadaman. Api dapat dipadamkan kurang lebih pukul 10.30 WIB oleh petugas pemadam kebakaran Kota Bekasi dan warga setempat.

Usai pemadaman, sejumlah warga masih terlihat mengevakuasi barang-barang dari ruko yang terbakar. Polisi telah memasang garis polisi di lokasi kejadian. Saat ini, insiden tersebut berada dalam penanganan Polsek Bekasi Timur guna penyelidikan lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement