Jumat 11 Mar 2016 18:10 WIB

Jelang Pilkada 2017, SBY Konsolidasi di Yogya

Rep: Yulianingsih/ Red: Achmad Syalaby
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: Antara
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mantan presiden yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan melakukan kunjungan ke Yogyakarta pada Sabtu-Ahad (12-13 Maret). SBY bahkan dijadwalkan untuk bertemu khusus dengan para pengurus partai di DIY untuk membahas persiapan Pilkada 2017 mendatang.

Pada 2017, DIY akan menyelenggarakan pemilihan Wali Kota Yogyakarta dan Pemilihan Bupati Kulonprogo. "Ketua Umum dijadwalkan menjaring aspirasi langsung terhadap pengurus partai dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo terkait persiapan 2017 mendatang," ujar Wakil Ketua II DPD Partai Demokrat DIY, Putut Wiryawan, Jumat (11/3).

Diakuinya, Partai Demokrat memang harus melakukan koalisi dengan partai lain untuk maju mengucung calon wali kota Yogyakarta maupun bupati Kulonprogo pada 2017 nanti. Demokrat hanya memiliki satu kursi di DPRD Kota Yogyakarta dan dua kursi di DPRD Kulonprogo. Meski begitu Demokrat DIY ingin menjadi penentu dalam Pilkada tersebut.

"Karenanya Pak SBY ingin berkooordinasi dan berkomunikasi langsung dengan pengurus parpol di dua wilayah ini," katanya.

Demokrat sudah memiliki kandidat calon wali kota yang akan diusung pada 2017 mendatang. Demokrat akan mencalonkan kader internal yaitu Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Yogyakarta, Syamsul Hadi. Sementara untuk Kulonprogo belum ada nama yanh dicalonkan. "Kami belum menemukan orangnya dan masih membuka komunikasi dengan partai lain untuk Kulonprogo," katanya.

Ketua DPD Partai Demokrat DIY, Sukedi mengatakan, kedatangan Ketua Umum DPP Partai Demokrat di DIY memang khusus melakukan konsolidasi menjelang Pemilu 2017. "Ini merupakan rangkaian tour de Java yang dilakukan beliau menjelang 2017," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement