Jumat 11 Mar 2016 07:14 WIB

378 Jembatan Gantung di Lebak Rusak Termakan Usia

 Sejumlah anak melintasi jembatan gantung miring yang melintang di atas Kanal Banjir Barat di kawasan Grogol petamburan, Jakarta Barat, Kamis (12/6). ( Republika/Rakhmawaty La'lang)
Sejumlah anak melintasi jembatan gantung miring yang melintang di atas Kanal Banjir Barat di kawasan Grogol petamburan, Jakarta Barat, Kamis (12/6). ( Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Sebanyak 378 jembatan gantung di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, kini rusak termakan usia sehingga berdampak terhadap akses ekonomi masyarakat setempat.

"Kami mengusulkan bantuan pembangunan jembatan gantung melalui APBN Pusat karena APBD setempat relatif terbatas," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Lebak, Kamis.

Selama ini, kondisi jembatan gantung tersebut cukup memprihatinkan sehingga perlu dilakukan pembangunan. Meskipun pemerintah pusat telah melakukan pembangunan sebanyak 10 jembatan gantung, namun masih banyak ditemukan dalam kondisi rusak berat.

Kabupaten Lebak merupakan wilayah dengan jumlah jembatan gantung terbanyak di Provinsi Banten, karena terdapat daerah aliran sungai dengan kapasitas sungai utama dan anak sungai di wilayah ini. Hampir di semua kecamatan terdapat jembatan gantung untuk menghubungkan antardesa.

Pemerintah daerah dari tahun ke tahun terus melakukan perbaikan pembangunan jembatan gantung.

"Kami terus mengusulkan dana pembangunan jembatan gantung kepada pemerintah pusat juga pemerintah Provinsi Banten," kata dia.

Menurut Iti, dari 378 jembatan gantung dengan kategori rusak berat dan rusak sedang akibat dimakan usia dan juga konstruksinya kurang berkualitas. Selain itu juga karena diterjang bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

"Kami berharap ke depan seluruh jembatan gantung dalam kondisi baik sehingga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Lebak Wawan Kuswanto mengatakan pemerintah daerah tahun ke tahun terus mengalokasikan dana perbaikan jembatan gantung.

Pada 2015 ini, kata dia, perbaikan jembatan gantung dialokasikan dana sebesar Rp 15 miliar untuk pembangunan di 13 jembatan gantung.

Ke-13 jembatan itu tersebar di 12 kecamatan yaitu Kecamatan Kalanganyar, Malingping, Bojongmanik, Curugbitung, Panggarangan, Cirinten, Wanasalam, Lebakgedong, Muncang, Cikulur, Cimarga, dan Kecamatan Leuwidamar.

"Kami terus setiap tahun mengusulkan dana pembangunan jembatan gantung kepada pemerintah pusat, juga Pemerintah Provinsi Banten." katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement