Kamis 10 Mar 2016 16:13 WIB

Disnaker Buat Sistem Permudah Pencarian Kerja

Rep: c26/ Red: Friska Yolanda
Pencari kerja
Foto: Republika/Prayogi
Pencari kerja

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung akan membuat sistem yang mempermudah pencari kerja mendapatkan pekerjaan. Kepala Disnaker Tono Rusdiantono mengatakan, ini merupakan salah satu upaya pemerintah menekan pengangguran.

“Kita ingin permudah warga Bandung mencari kerja karena tingkat pengangguran di Bandung masih cukup tinggi,” kata Tono kepada Republika.co.id, Kamis (10/3).

Menurutnya, kemudahan mencari kerja akan berdampak pada pengurangan tingkat pengangguran. Kemudahan ini disebutnya dalam bentuk akses pencarian lowongan dan informasi terkait pekerjaan di Kota Bandung.

Ia berencana membuat sebuah situs yang akan menampung informasi lowongan pekerjaan yang tersedia. Dengan dibukanya lowongan yang selalu diperbarui, maka akses mendapatkan informasi semakin mudah di manapun. 

Selama ini, informasi lowongan kerja via daring memang sudah ada di situs Disnaker Kota Bandung. Hanya saja belum terlalu fokus dan mendetail.

Selain situs khusus lowongan kerja, pihaknya ingin memberi kemudahan informasi lowongan kerja lewat sistem SMS gateway. Melalui sistem ini, pesan lowongan kerja langsung masuk ke ponsel warga Kota Bandung tanpa harus membuka situs terlebih dahulu.

SMS gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima pesan. Sistem ini biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, layanan informasi terhadap pengguna, penyebaran produk atau jasa dan lain lain.

Tono belum bisa menyebutkan waktu peluncuran sistem kemudahan mencari lowongan kerja ini. Namun, ia mengatakan, dalam waktu dekat akan mulai dikerjakan.

Pada 2015, Kota Bandung memang mengalami perbaikan ekonomi. Hal ini berdampak positif jumlah pengangguran, yaitu dari 10 persen turun menjadi delapan persen. Hingga kini, diperkirakan jumlah pengangguran Kota Bandung mencapai 95 ribu orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement