Senin 07 Mar 2016 13:11 WIB

Harga Cabai dan Bawang Meroket Bersamaan

Rep: Christiyaningsih/ Red: Nur Aini
Pasokan Cabai
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pasokan Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Harga cabai, bawang merah, dan bawang putih di Kota Malang meroket dalam hitungan hari. Sejak dua pekan terakhir harga cabai bahkan melonjak lebih dari seratus persen.

Seorang pedagang di Pasar Besar Malang, Agus menuturkan naiknya harga cabai, bawang merah, dan bawang putih secara bersamaan karena pasokan terganggu akibat hujan terus menerus.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id pada Senin (7/3) di Pasar Besar, Malang, harga cabai rawit dan cabai merah besar masing-masing mencapai Rp 48 ribu per kilogram. Padahal tiga pekan yang lalu harga kedua komoditas tersebut masih di kisaran Rp 14 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit hijau dilepas dengan harga Rp 32 per kilogram.

"Lonjakan harga memang tidak terkendali, hari ini saja harga cabai naik Rp 5.000 per kilogram dibandingkan kemarin," kata Agus pada Senin (7/3).

Cabai-cabai tersebut didatangkan dari Kabupaten Malang. Menurut Agus para petani yang menyetor dagangan mengeluhkan hasil panen yang membusuk. Sehingga, mau tak mau harga ikut terkerek karena keterbatasan suplai.

Untuk bawang putih kating pada Senin (7/3) harganya menyentuh Rp 32 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih biasa dijual dengan harga Rp 28 ribu per kilogram. Harga bawang merah dipatok lebih tinggi lagi. Para pembeli harus merogoh kocek Rp 40 ribu untuk satu kilo bawang merah.

Dalam keadaan normal, bawang merah yang didatangkan dari Probolinggo itu dijual dengan harga Rp 18 ribu - Rp 20 ribu per kilogram. Namun akibat menipisnya pasokan selama dua pekan terakhir, harga bawang merah dan bawang putih perlahan merangkak. "Setiap hari harganya naik antara Rp 1.000 sampai Rp 2.000 per kilogram," jelas Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement