Jumat 04 Mar 2016 21:24 WIB

Bendung Katulampa Siaga Tiga

Dua orang anak bermain di aliran sungai ciliwung yang berada di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/9).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Dua orang anak bermain di aliran sungai ciliwung yang berada di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/9). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami peningkatan menjadi siaga tiga, Jumat malam.

"Pukul 20.56 WIB ketinggian air bertahan 140 cm, siaga tiga," kata Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman.

Andi mengatakan ketinggian air di Bendung Katulampe meningkat setelah hujan deras mengguyur kawasan Puncak, sejak petang. Pukul 17.30 WIB permukaan Sungai Ciliwung meningkat 80 cm, petugas memberlakukan siaga empat.

Hujan yang turun merata di wilayah Puncak, menyebabkan kenaikan air di Bendung Katulampa berlangsung cepat, pukul 18.35 WIB, air naik ke status siaga tiga banjir yakni 120 cm.

"Pukul 19.00 WIB ketinggian bertambah menjadi 150 cm, status siaga dua," kata Andi.

Seiring menurunnya intensitas hujan di kawasan Puncak, ketinggian air di Bendung Katulampa berangsung surut. Pukul 20.34 WIB ketinggi bertahan di level 145 cm atau masih siaga tiga.

Andi memprediksikan, ketinggian air di Bendung Katulampa akan berangsur surut hingga malam nanti. Namun, masyarakat tetap dihimbau untuk waspada dengan kenaikan Sungai Ciliwung secara tiba-tiba di kawasan hilir.

Diperkirakan air dengan debit 216.674 liter kubik akan tiba di wilayah hilir Jakarta dalam hitungan 12 jam.

Hingga berita ini diturunkan, kawasan Puncak masih diguyur hujan ringan. Begitu juga dengan kawasan Kota Bogor, masih terjadi gerimis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement