Jumat 04 Mar 2016 17:25 WIB

Kelompok Dasa Wisma Wadah Pencegahan Kekerasan Anak

Rep: neni ridarineni/ Red: Winda Destiana Putri
Kekerasan anak
Foto: myhealing.wordpress.com
Kekerasan anak

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dasa Wisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK memiliki peran strategis untuk mewujudkan keluarga sejahtera.

Untuk itu, diharapkan agar Dasa Wisma menjadi ujung tombak pelaksanaan sepuluh program pokok PKK dan program pemerintah, kata Asisten Administrasi Umum Sekda DIY Kristiana Swasti yang membacakan sambutan Gubernur DIY dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 44 DIY tahun2016 di Bangsal Kepatihan Yogyakarta Jumat (4/3).

Pada kesempatan itu Gubernur DIY menyampaikan keprihatinannya atas kasus dan dampak tindak kekerasan terhadap anak  yang akhir-akhir ini terjadi.

Dengan peningkatan penguatan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok Dasawisma maka dapat dicegah tindak kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga.

Sangatlah tepat apabila Kelompok Dasawisma ditetapkan sebagai wadah untuk pencegahan dan penanganan dini tindak kekerasan terhadap anak, tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum Tim Penggerak PKK yang diwakili oleh Wakil Ketua II Tuti Purwani mengatakan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ini tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat. 

Tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata Gerakan PKK  dalam usaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Dia menambahkan, seluruh upaya yang dilakukan oleh Gerakan PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, mandiri, bahagia sehat dan sejahtera.

Hal ini hendaknya tercermin dalam suasana kehidupan keluarga yangsaling asih, asah dan asuh sebagai norma dasar terwujudnya keharmonisan kehidupan keluarga yang didukung oleh kehidupan sosial ekonomi yang memadai.

Pada kesempatan itu selain dibacakan sejarah singkat gerakan PKK oleh Tri Astuti dilaksanakan pula penyerahan penghargaan dan bingkisan bagi 40 orang kader PKK yang telah berkarya minimal 15 tahun, serta penyerahan penghargaan dan trophi bagi pemenang kegiatan lomba kesatuan gerak PKK KB-Kes DIY tahun 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement