Rabu 02 Mar 2016 21:25 WIB

Lewat 1 Jam, Mentawai Aman dari Tsunami

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ilham
Titik gempa Mentawai
Foto: EMSC
Titik gempa Mentawai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumatra Barat, Ade Edward memastikan, tsunami tidak akan terjadi akibat gempa berkekuatan 7,8 SR yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Warning sudah dicabut, Insha Allah aman. Sudah lewat satu jam, aman," kata Ade kepada Republika.co.id, Rabu (2/3). Sebelumnya: Gempa Mentawai Berpotensi Tsunami di 5 Provinsi.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencan (Pusdalop) Sumatra Barat mengungkapkan, titik gempa yang terjadi pada Rabu, 2 Maret 2016 pukul 19.49 WIB. Gempa berlokasi di 5.16 LS - 94.05 BT (682 KM Barat Daya Kepulauan Mentawai-Sumatra Barat) dan berada di Garis Tengah Samudera Hindia.

Berdasarkan data Pusdalop Sumbar, jarak dari titik gempa ke Kepulauan Mentawai sepanjang 627,85 KM. Gempa berkekuatan 7,8 SR terjadi tidak di posisi Zona Megatrusth.

Pusdalops Sumbar menuturkan, sumber gempa dari sistem patahan Ninety East Ridges (NER) Samudera Hindia. Itu, berupa sistem sesar transform.

Gempa ini, mirip gempa simeulue 11 April 2012, pada sistem patahan yang sama. Goncangan dirasakan di Padang III MMI (lemah). Namun, laporan sementara aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement