Rabu 02 Mar 2016 19:00 WIB

Jokowi: Tiga Ruas Tol di Sumatera Utara Selesai Pertengahan 2017

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: M Akbar
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menjanjikan pembangunan tiga ruas jalan tol di Sumatera Utara rampung pada pertengahan 2017.

Ketiga ruas jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Medan - Binjai, Jalan Tol Medan - Kuala Namu, Tebing Tinggi, dan Jalan Tol Kisaran - Tebing Tinggi yang merupakan bagian dari proyek Tol Trans Sumatera.

"Proses pembebasan tanahnya sudah 97 persen, kurang sedikit. Ini sebuah progress yang sangat baik, kita harapkan tiga ruas jalan tol selesai pertengah 2017," kata Presiden saat meninjau lokasi pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Desa Penara Kebon, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (2/3) berdasarkan siaran pers Tim Komunikasi Presiden. ‎ Bahkan, ruas Jalan Tol Medan - Binjai sendiri ditargetkan selesai pada akhir tahun 2016.

Jokowi ‎menambahkan, selain pembangunan jalan tol, juga akan dilengkapi dengan pembangunan jalur kereta api yang dikerjakan secara maraton siang dan malam. "Memang sekarang sistemnya sangat baik, dibagi di dalam seksi-seksi, setiap seksi dikerjakan oleh kontraktor yang berbeda sehingga kecepatannya akan lebih cepat lagi," ucap Jokowi.

Jokowi menyakini, mobilitas komoditas, barang, produk dari satu tempat ke tempat lain akan semakin cepat dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai. Selain itu juga dapat menakan biaya transportasi dan biaya logistik.

"Sekarang dibandingkan negara-negara terdekat saja, biaya transportasi dan biaya logistik kita 2 - 2,5 kali lipat," kata Jokowi. Jokowi berharap angka ini akan turun minimal menyamai negara-negara tetangga atau bahkan dapat turun separuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement