Selasa 01 Mar 2016 08:37 WIB
Hari-Hari Terakhir Kalijodo

Pemprov DKI Siapkan Sembilan Konsep RTH di Kalijodo

Rep: c33/ Red: Karta Raharja Ucu
Petugas memasang plang pemberitahuan penataan RTH saat pembongkaran kawasan Kalijodo, Jakarta, Senin (29/2). (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Petugas memasang plang pemberitahuan penataan RTH saat pembongkaran kawasan Kalijodo, Jakarta, Senin (29/2). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan konsep pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di lahan bekas lokalisasi prostitusi Kalijodo. Konsep ruang terbuka

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Dyah Kurniati mengatakan sembilan konsep RTH sudah disusun. Sehingga nantinya hanya tinggal dibangun di lokasi tersebut.

"Disiapkan dari kebutuhan jogging track, sarana olahraga dan lokasi untuk berkumpul dan menikmati taman," katanya, Senin (29/2) malam.

Sembilan konsep ruang yang dibangun kata dia menjelaskan, yaitu mulai dari entrance gate, amphitheater, pedestrian way, sitting area, fountain children play ground, picnic area, futsal area, skateboard park dan forest sclupture. Selain itu konsep fasilitas dan utilitasnya termasuk dilengkapi tempat sampah dan lampu jalur pedestrian.

Sehingga nantinya warga pengunjung RTH bisa menikmati lebih nyaman. "Dengan penataan konsep ruang dan konsep fasilitas dan utilitas diharapkan lokasi bisa optimal manfaatnya," ucapnya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama menginginkan supaya penerangan di lokasi tersebut ditambah dengan lampu sorot. Sehingga, kawasan itu tetap bisa terlihat terang pada saat malam hari.

Terangnya taman juga diharapkan bisa mencegah potensi kejahtan. "Penerangannya dioptimalkan, jadi kalau pengendara dari tol bisa lihat, Dinas Tata Air juga keruk semua kalinya kiri dan kanan," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement