Kamis 25 Feb 2016 00:29 WIB

Pemerintah Pekanbaru Ajak Orang Tua Lawan LGBT

Red: Ilham
Tampak seorang ibu dan anak perempuannya.
Foto:
Warga bermain dengan anaknya

Selanjutnya, Miftahul menjelaskan peran orang tua untuk membentuk karakter anak seperti menghindari kekerasan psikis dan psikologis yang terjadi di keluarga. Sebab, kekerasan itu bisa menyebabkan anak membenci karakter ayah sebagai laki-laki atau pun ibu sebagai perempuan.

"Peran keluarga, pendidikan dan lingkungan merupakan tiga kunci utama agar anak dapat membantengi diri terhadap perilaku menyimpang tersebut," ujarnya.

Seorang peserta diskusi, Titin mengaku resah akan pengaruh LGBT. Menurut dia, masih banyak orang tua yang bingung untuk menjelaskan kepada anak-anak untuk mencegah perilaku buruk tersebut. "Kalau untuk pendidikan tentang seks saya sudah bisa menjelaskannya kepada anak-anak saya, tapi kalau untuk LGBT saya bingung bagaimana menjelaskannya," kata Titin.

Sementara itu, guru Bimbingan Konseling SMPN 23 Pekanbaru, Aidia Rasyid, mengatakan peran serta lingkungan pendidikan dalam mengantisipasi LGBT sangat penting. Upaya yang dilakukan dari sekolah adalah upaya preventif dan responsif.

"Apabila melihat ada gejala tersebut pada peserta didik dilakukan pendekatan dengan keilmuan konseling dan keagamaan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement