Ahad 21 Feb 2016 08:59 WIB
Mengenang Arwah Setiawan (bagian 1)

Mati Ketawa Ala Indonesia: Humor itu Serius...!

Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengenakan busana penari dan pelawak Bali membantu pemilih saat pemungutan suara Pilkada Serentak di Desa Penarungan, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (9/12).
Foto: Antara/Wira Suryantala
Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengenakan busana penari dan pelawak Bali membantu pemilih saat pemungutan suara Pilkada Serentak di Desa Penarungan, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (9/12).

Mengenang Arwah Setiawan (1)

‘’Humor itu serius…!’’ Mungkin bagi sebagian orang humor, ngebodor, atau lucuan adalah soal yang main-main. Namun, dalam banyak kajian humor sebenarnya bukan hal main-main, dan malahan hanya bisa dilakukan oleh orang jenius serta berani berpikir 'di luar kotak’.

Untuk ‘menguliti’ soal humor ternyata belum banyak pemikir Indonesia yang melakukannya. Dan dari sedikit orang itu ada satu tokohnya, yakni mendiang Arwah Setiawan. Nama ini unik, meski sangat serius karena sempat dianggap lucuan karena memakai kata ‘arwah', tapi itulah nama sebenarnya dari mendiang lelaki yang disebut sebagai pemikir humor Indonesia. Meski sudah lama meninggalkan dunia fana, sosok arwah dalam dunia humor Indonesia sulit dicari tandingannya.

Ketika masih hidup, almarhum Arwah sempat bekerja di USIS (Kedutaan Besar Amerika). Ia pun pernah menjadi  pemimpin redaksi di banyak majalah. Bahkan Arwah psempat duduk sebagai redaktur pelaksana sebuah majalah paling serius di Indonesia, yakni majalah sastra Horison. Sebelum wafat, dia  sempat berkantor di Citra Audi Vistama (pelayanan profesional media audiovisual) sebagai kepala divisi kebudayaan, bersama Dwi Koendoro (kartunis Panji Koming) yang duduk direktur utama perusahaan. Ia pun sempat menjadabat sebagau Ketua Lembaga Humor Indonesia.

Tulisan ini ditulis dalam rangka mengenang sosok Arwah Setiawan, sekaligus dan dalam rangka menyambut pagelaran semina bertajuk "Humor Itu Memang Serius’. Seminar yang akan berlangsung di Galeri Indonesia Kaya Grand Indonesia West Mall, lantai 8 pada Jumat 11 Maret 2016 pukul 15.00 -17.30 WIB. Seminar ini gratis tapi harus mendaftar dulu di www.Indonesiakaya.com, supaya mendapat tempat duduk. Dan yang akan menjadi pembicara adalah Jaya Suprana, Arswendo Atmowiloto, dan Seno Gumira Ajidarma (moderator).

Berikut pemikiran almarhum Arwah Setiawan tentang ‘Humor itu Serius’ yang dimua disebuah harian ibu kota 39 tahun silam (Selasa 9 Agustus 1977). Harapannya, semoga para senimarn, pekerja, pelaku yang terkait denga dunia lucuan atau humor' merenung kembali mengenai bentuk dan mutu karyanya sehingga tidak terjebak dalam tema klise atau yang 'itu-itu' saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement