Rabu 17 Feb 2016 15:03 WIB

Ini Wali Kota Termuda di Indonesia yang Dilantik Hari Ini

Rep: Issha Harruma/ Red: Teguh Firmansyah
Salah satu pasangan Bupati/Wakil Bupati terpilih berdoa  saat mengikuti pelantikan di Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/2)
Foto: Antara/Septianda Perdana
Salah satu pasangan Bupati/Wakil Bupati terpilih berdoa saat mengikuti pelantikan di Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/2)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Wali Kota termuda se-Indonesia asal Tanjung Balai dilantik hari ini, Rabu (17/2). M Syahrial yang masih berusia 26 tahun terpilih dalam Pilkada serentak 9 Desember lalu. Ia merupakan mantan Ketua DPRD Kota Tanjung Balai yang mundur menjelang pencalonannya.

Syahrial dan pasangannya, Ismail Marpaung merupakan calon independen yang mengungguli tiga pasangan calon lainnya, termasuk pasangan pejawat. Pasangan ini dilantik secara serentak bersama 14 kepala daerah di Sumut lainnya.

Pelantikan yang digelar di Lapangan Merdeka, Medan hari ini  diikuti 14 kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada. Sementara, satu daerah dilantik menggantikan kepala daerah sebelumnya.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pelantikan ini dihadiri ribuan masyarakat, bukan hanya dari Medan namun berbagai daerah di Sumut. Selain panggung utama tempat pelantikan dilaksanakan, berdiri pula panggung untuk tamu undangan dan panggung hiburan. Sejumlah artis ibu kota ikut meramaikan acara pelantikan.

Sebanyak 1.510 personel Polri dibantu Satpol PP terlibat dalam pengamanan di Lapangan Merdeka dan sekitarnya. Pengunjung yang akan memasuki lokasi pelantikan pun harus melalui pemeriksaan yang ketat di sejumlah pintu masuk.

Pemilihan Lapangan Merdeka sebagai lokasi pelantikan bukan tanpa alasan. Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, dengan pelantikan yang terbuka, seluruh masyarakat dapat hadir dan melihat pemimpinnya secara langsung. Diharapkan, hal ini dapat mendekatkan pemimpin baru kepada rakyatnya.

"Sehingga tidak ada lagi nanti jarak antar pemimpin dan masyarakatnya terutama dalam hal pelayanan. Pemimpin itu harus melayani masyarakat, turun ke bawah lihat kondisi yang dibutuhkan masyarakat," kata Erry usai acara pelantikan, Rabu (17/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement