Rabu 17 Feb 2016 12:32 WIB

Bekasi Belum Punya Data tentang LGBT

Rep: c38/ Red: Achmad Syalaby
  Bendera LGBT
Foto: EPA/WOLFGANG KUMM
Bendera LGBT

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Belum ada lembaga di Kota Bekasi yang secara khusus menangani terapi kesembuhan kelompok LGBT. Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Agus Darma, menambahkan, Dinas Sosial juga belum memegang data LGBT. 

"Kita belum sampai pada pendataan LGBT, tapi kita menangani akibat dari itu. Misalnya, HIV/AIDS-nya yang kita pantau," kata Agus Darma kepada Republika.co.id, Selasa (16/2).

Dinsos belum memperhatikan LGBT secara khusus karena, menurut Agus, fenomena ini masih di bawah permukaan. Tidak ada orang yang terang-terangan mengaku LGBT sehingga pihaknya tidak tahu persis. Organisasi LGBT yang secara formal terdaftar di Dinsos juga tidak ada.

"Cuma paling kalau sudah ODHA atau kena HIV/AIDS, baru kita tahu oh latar belakangnya dia sebagai gay," ujar Agus seraya menyampaikan tingginya angka penderita HIV/AIDS di Kota Bekasi.

Salah satu lembaga yang menangani kelompok LGBT dari sisi kesehatan (HIV/AIDS) di Kota Bekasi adalah Yayasan Lembaga Kasih Indonesia (YLKI). Lembaga ini bersinergi dengan Dinas Sosial Kota Bekasi dan BNN. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement