Rabu 17 Feb 2016 02:07 WIB

Ketersediaan Kamar di Rumah Sakit Ini Bisa Dipantau Lewat Software

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).
Foto: skyscrapercity.com
Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sumatera Selatan, membuat sebuah perangkat lunak (software) pemberi informasi ke masyarakat mengenai ketersediaan kamar perawatan. Direktur Pelayanan Medik dan Perawatan Rumah Sakit Dr Mohammad Husin (RSMH) Palembang, Dr Alsen mengatakan perangkat lunak tersebut akan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkini tanpa perlu datang ke rumah sakit karena sistem dibuat dalam jaringan (online).

"Saat ini tim teknologi informatika RSMH sedang bekerja membuat software-nya. Targetnya pada tahun ini sudah bisa digunakan masyarakat," kata dia, Selasa (16/2).

Ia tidak menyangkal bahwa masyarakat sering kesulitan untuk mendapatkan kamar perawatan karena ketika dibutuhkan dalam keadaan penuh. Namun, tidak dapat dipungkiri juga terkadang di rumah sakit lain justru sedang kosong. RSMH  berharap software ini dapat terhubung ke rumah sakit lain di Sumsel.

Sementara itu, Pemerintah Kota Palembang saat ini sedang merancang berdirinya pusat pengendalian krisis yang terintegrasi dengan rumah sakit, polisi, pemadam kebakaran, dan instansi terkait. Dalam pelaksanaannya, Crisis Center ini membutuhkan data kondisi terbaru dari rumah sakit ketika dihadapkan pada kejadian darurat.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Palembang Afrimelda mengatakan saat ini pemkot sedang menyiapkan berdirinya "Public Safety Center" yang akan terhubung dengan seluruh rumah sakit di Kota Palembang. "Public Safeti Center (PSC) yang akan memberikan arahan kemana korban akan dirujuk setelah diberikan pertolongan pertama di puskesmas, jika rumah sakit memiliki data terbaru mengenai ketersediaan kamar perawatan maka akan mempermudah dalam penanganan kasus darurat," kata dia.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement