Senin 15 Feb 2016 14:54 WIB

Longsor Seret Minibus, Jalur Majalengka-Kuningan Terputus

Rep: Lilis Handayani/ Red: Angga Indrawan
Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Longsor melanda jalur utama penghubung Majalengka-Kuningan di Desa Cipasung, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Ahad (14/2) malam. Tak hanya memutuskan jalur tersebut, longsor juga menyeret sebuah minibus yang sedang melintas hingga jatuh ke jurang.

Longsor membuat separuh badan jalan yang terbuat dari aspal di jalur tersebut amblas ke jurang. Arus kendaraan dari arah Majalengka ke Kuningan maupun sebaliknya, terpaksa dialihkan ke jalur alternatif di Desa Cipadung. 

"Jalan ditutup total, tidak bisa dilalui," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka, Tatang Rahmat kepada Republika.co.id, Senin (15/2). 

Selain memutuskan jalan, lanjut Tatang, longsor juga membuat sebuah mobil jenis minibus terseret longsor dan jatuh ke jurang sedalam 50 meter. Mobil tersebut sedang melintas tepat saat jalan itu mengalami longsor.

Mobil yang melintas dari arah Cikijing (Majalengka) ke Kuningan tersebut dikemudikan oleh Prayudi Iswadi, warga RT 03 RW 07 Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Saat itu, tidak ada penumpang di dalam mobil tersebut.

"(Prayudi) hanya mengalami luka," kata Tatang.

Salah seorang warga setempat, Reza menuturkan, longsor yang terjadi di jalan raya Cikijing itu dipicu hujan deras yang mengguyur sejak Ahad (14/2) siang. "Longsoran menimbulkan suara gemuruh yang keras dan mengagetkan warga," kata Reza. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement