Ahad 14 Feb 2016 19:35 WIB

Sepekan Mendatang, Indonesia Diguyur Hujan Lebat

Rep: C36/ Red: Ilham
Hujan. Ilustrasi
Foto: *
Hujan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hampir sebagian besar wilayah Indonesia mengalami hujan lebat selama sepekan mendatang. Hujan lebat diperkirakan terjadi di Sumatera hingga Papua.

Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG, Harry Tirto Djatmiko mengatakan, hujan lebat pada pekan depan tidak hanya terjadi di Jabodetabek. "Hujan lebat terjadi di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Papua," kata Harry di Jakarta, Ahad (14/2).

Secara rinci, Harry menjelaskan, hujan lebat diprediksi terjadi di Sumatera Barat, Kepualaun Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung (Sumatera), Banten, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kemudian Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua bagian selatan juga akan diguyur hujan.

"Karena intensitas hujan masih tinggi, bencana banjir, banjir bandang, dan tanah longsor tetap berpeluang terjadi. Warga di dataran tinggi atau wilayah potensial banjir diharap berhati-hati," kata Harry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement