Jumat 12 Feb 2016 22:08 WIB

Hujan Petir Landa Bagian Barat Aceh

Hujan petir
Foto: flickr
Hujan petir

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di bagian barat selatan Aceh berpeluang hujan disertai petir pada sore hingga malam hari.

"Perlu diwaspadai hujan sedang hingga lebat yang disertai guntur dan angin kencang di sebagian wilayah barat selatan Aceh," kata prakirawan BMKG stasiun Metereologi Meulaboh, Sayful Amri, di Meulaboh, Jumat (12/2).

Ia mengatakan, adanya shearline di sekitar wilayah Aceh sehingga menyebabkan pada umumnya di Aceh bagian barat, selatan berawan dengan peluang hujan ringan hingga sedang disertai petir.

Kemudian angin ketinggian kepermukaan sampai 3.000 feet umumnya bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan 05-34 km/jam, sementara tinggi gelombang perairan barat dan selatan Aceh diperkirakan 0,25-3 meter.

Dalam prakiraan BMKG stasiun Meteorologi Meulaboh dia menjelaskan, prakiraan tersebut tercatat untuk 12 Februari 2016 sejak pukul 07.00 WIB hingga 13 Februari 2016 pukul 07.00 WIB.

Dia menjelaskan, prakiraan cuaca disampaikan tersebut berlaku untuk wilayah Tapak Tuan (Kabupaten Aceh Selatan), Meulaboh (Kabupaten Aceh Barat), Sinabang (Kab Simeulue), Singkil (Kab Aceh Singkil).

Kemudian Blang Pidie (Kab Aceh Barat Daya), Calang (Kab Aceh Jaya, Suka Makmu (Kab Nagan Raya) dan Kota Subulussalam. Daerah yang dilanda hujan petir meliputi empat kawasan yakni Meulaboh, Blang Pidie Calang dan Suka Makmue.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement