Jumat 12 Feb 2016 21:47 WIB

KRI Usman Harun Pulang dari India

Red: Ilham
KRI Usman Harun.
Foto: Antara
KRI Usman Harun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KRI Usman Harun-359 angkat jangkar dari perairan Visakhapatnam, India untuk kembali ke Tanah Air. Kapal perang itu mewakili Indonesia dalam International Fleet Review (IFR) 2016 yang berakhir pada hari ini, Jumat (12/2).

Setelah delapan hari melakukan koordinasi dan latihan bersama, kapal para delegasi peserta IFR, termasuk KRI Usman Harun-359, dilepas Kesatuan Angkatan Laut (AL) dengan penghormatan melalui kapal induk Indian Navy Ship (INS) Viraat. (KRI Usman Harun Bersandar di India).

Komando Armada RI Kawasan Timur (Koartim), melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, menyatakan, KRI Usaman Harun berlayar di Teluk Bengal selama delapan hari bersama sembilan kapal negara lain yang berada dalam Kelompok I. Mereka melaksanakan kegiatan jejaring komunikasi aktif dan diteruskan dengan kegiatan manuver taktis kapal untuk formasi photo exercise dan passing exercise.

Sembilan kapal lainnya mewakili Amerika Serikat (USS Antietam), Inggris (HMS Defender), Cina (PLA N Liuzhou dan PLA N Sanya), Malaysia (KD Lekir), Vietnam (VPNS Dinh Thien Hoang), Bangladesh (BNS Somudra Joy), Myanmar (UMS King Aung Zeya), dan Mauritius (MCGS Barracuda).

KRI Usman Harun-359 yang dikomandoi oleh Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo menjadi delegasi Indonesia untuk latihan militer bersama armada-armada laut internasional yang rutin diadakan tiap tahun. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) India, RK. Dhowan yang melepas satu persatu delegasi yang hadir dalam IFR 2016 tersebut memberikan apresiasi positif. Dia mengucapkan rasa terima kasih serta penghargaan terhadap para partisipan IFR.

Dalam parade pelepasan kapal delegasi menuju negara masing-masing, sepuluh kapal tersebut melakukan manuver membentuk formasi satu dengan kecepatan kapal 12 knot, beriringan bergerak keluar menuju Samudera Hindia. Kemudian mereka melakukan sailing pass dengan 17 kapal perang tuan rumah dari Kesatuan AL India.

KRI Usman Harun-359 akan sampai di perairan Sabang dalam waktu tiga hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement