Jumat 12 Feb 2016 08:45 WIB

Zumi Zola Harus Tingkatkat Infrastruktur Pendidikan di Jambi

Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih Zumi Zola Zulkifli (kiri) dan Fachrori Umar (kanan) melakukan salam komando usai menghadiri Rapat Pengumuman Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih periode 2016-2021 di gedung DPRD Jambi, Senin (25/1).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih Zumi Zola Zulkifli (kiri) dan Fachrori Umar (kanan) melakukan salam komando usai menghadiri Rapat Pengumuman Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih periode 2016-2021 di gedung DPRD Jambi, Senin (25/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI --Pengamat Pendidikan Universitas Batanghari Jambi Abdoel Gafar, mengatakan peningkatan infrastruktur pendidikan diharapkan menjadi perhatian serius Gubernur Jambi yang baru, Zumi Zola Zulkifli. Menurut dia, peningkatan infrastruktur pendidikan penting. Karena pendidikan akan berkualitas jika fasilitas penunjang yang tersedia itu mendukung. 

"Harus ada terobosan baru, sarana dan prasarana pendidikan harus menjadi perhatian serius untuk ditingkatkan sehingga kualitas pendidikan di Jambi tidak kalah dengan provinsi lain yang lebih duluan maju," kata Gafar, Jumat (12/2). 

Infrastruktur pendidikan yang harus ditingkatkan itu seperti bangunan sekolah, ruang kelas serta sarana lainnya yang secara tidak langsung dapat menunjang jalannya proses belajar mengajar pada era teknologi nformasi seperti sekarang ini. Dia menyatakan peningkatan sarana prasarana pendidikan harus dilakukan menyeluruh dan tidak bisa dibedakan setiap daerah. "Dan yang terpenting harus dimulai dari sekarang," katanya.

Menurutnya, media pembelajaran yang terbaru dengan menggunakan teknologi perlu dipersiapkan pada setiap sekolah. Karena media pembelajaran ini sangat berperan dalam penyampaian materi kepada siswa.

"Saat ini sudah zamannya teknologi yang mudah diakses untuk mendapatkan informasi, supaya tidak ketinggalan, jadi paling tidak setiap sekolah itu harus ada sarana penunjang teknologi," katanya.

Selain sarana dan prasarana pendidikan, Pemerintah Provinsi Jambi yang dipimpin oleh Gubernur Zumi Zola dan Fachrori Umar (Wagub) juga harus memperhatikan kesejahteraanpara tenaga pengajar honorer yang merima gaji yang belum layak atau masih rendah. Untuk itu, pihaknya meminta kepada pemerintah supaya segera memikirkan kesejahteraan para guru honorer dengan melakukan terobosan kebijakan. Hal ini agar tidak ada lagi kesenjangan kesejahteraan para guru honorer.

"Terutama masalah honor yang saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ya setidaknya guru honorer ini gajinya sesuai dengan UMP," katanya menjelaskan.

Selain itu, dia melanjutkan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) dalam memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini, pemerintah juga diminta membuat terobosan kebijakan pada sektor pendidikan."SDM ini perlu ditingkatkan melalui pendidikan, khususnya meningkatkan bahasa asing supaya kita dapat bersaing pada pasar bebas ASEAN ini. Artinya pemerintah sudah saatnya membuat kursus bahasa asing bagi masyarakat secara gratis," katanya menambahkan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement