Selasa 09 Feb 2016 13:57 WIB

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Indramayu

Rep: Lilis Handayani/ Red: Angga Indrawan
Angin puting beliung (ilustrasi)
Foto: Blogspot.com
Angin puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Angin puting beliung menerjang tiga blok di Desa Amis, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Senin (8/2). Akibatnya, 76 rumah warga di tiga blok itu mengalami rusak berat dan ringan.

Kapolsek Cikedung, Iptu HM Sayidin menjelaskan, angin puting beliung terjadi di blok 3, 4 dan 6 Desa Amis, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Angin puting beliung terjadi setelah hujan turun dengan deras di desa tersebut pada Senin (8/2) sekitar pukul 16.00 WIB. 

"Angin puting beliung menyebabkan pohon tumbang dan merusak rumah milik warga," kata Sayidin, Selasa (9/2).

Meski menimbulkan kerusakan pada rumah warga, lanjut Sayidin, bencana tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, sejumlah warga yang rumahnya mengalami rusak berat, terpaksa sementara mengungsi di rumah saudaranya. 

Kepala Seksi Logistik BPBD Kabupaten Indramayu, Saptaji Aminudin menambahkan, peristiwa angin puting beliung tersebut menyebabkan 76 unit rumah milik warga di Desa Amis mengalami kerusakan. Dari jumlah itu, sembilan unit di antaranya mengalami kerusakan berat.

Sembilan unit rumah warga yang mengalami kerusakan berat itu tertimpa pohon yang tumbang. Sedangkan rumah-rumah yang rusak ringan, hanya berupa genting-gentingnya yang beterbangan tertiup angin.

"Untuk warga yang rumahnya rusak ringan, sudah langsung diperbaiki. Sedangkan rumah yang rusak berat, sedang didata dinas terkait"' kata Saptaji.

Saptaji menyatakan, pada Selasa (9/2), pihaknya langsung membagikan bantuan sembako kepada para warga yang menjadi korban terjangan angin puting beliung.  Pembagian bantuan dipusatkan di Balai Desa Amis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement