Senin 08 Feb 2016 19:50 WIB

Serikat Buruh Sebut Ada Gelombang PHK di Perusahaan Farmasi

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Dwi Murdaningsih
Buruh desak Setop PHK
Foto: Mardiah
Buruh desak Setop PHK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan di Indonesia dikabarkan kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Kali ini PHK menimpa buruh farmasi pabrik obat multinasional seperti PT Novartis 100 orang dari total 300 orang, PT Sandoz 200 orang dari total 300 orang, PT Sanopi Aventis lima orang (kemungkinan menjadi 100 orang) dari 300 orang.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan kemungkinan akan menyusul PHK terhadap ratusan buruh  di PT Merck, PT Glaxo, PT Jhonson and Jhonson. "Ini membuat resah ratusan buruh di perusahaan tersebut," ujarnya lewat pesan singkat yang diterima Republika.co.id, Senin (8/2).

Ratusan buruh yang sudah ter-PHK dan sedang berunding pesangon tersebut adalah anggota Federasi Serikat Pekerja Farmasi Kesehatan (FSP Farkes) Reformasi yang juga anggota KSPI. Buruh mendesak pemerintah sungguh-sungguh bekerja untuk menghentikan gelombang PHK.

"Sungguh ini benar-benar ada PHK, bukan main-main dan mengada-ada," katanya.

Perusahaan farmasi yang sudah mem-PHK buruhnya tersebut adalah perusahaan multinasional dari Prancis dan Swiss yang sudah puluhan tahun berada di Indonesia. Iqbal menyebut alasan PHK adalah karena perusahaan mengurangi kapasitas produksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement