Jumat 05 Feb 2016 23:57 WIB

Warga Makassar Keluhkan Pemadaman Listrik Hingga 6 Jam

Red: Ilham
Tampak sebuah toko tengah mengalami pemadaman listrik (ilustrasi),
Foto: ardinbali.org
Tampak sebuah toko tengah mengalami pemadaman listrik (ilustrasi),

REPUBLIKA.CO.ID, Makassar -- Pemadaman listrik yang dilakukan PT PLN Sulselrabar selama lebih dari enam jam di sejumlah wilayah di Kota Makassar dan Kabupaten sekitarnya membuat warga marah. Mereka mengeluhkan kinerja perusahaan negara tersebut.

"PLN ini sudah tidak becus mengurusi listrik, hampir semua tempat mati lampu dan listrik padam. Kalau seperti ini terus pelanggan dirugikan," kata warga Barukang Raya, Kecamatan Ujungtanah, Taslim Suarman, Jumat (5/2).

Sedangkan Iqbal warga jalan Ujungpadang Baru, Kecamatan Tallo menyatakan, listrik baru aktif sekitar pukul 21.40 WITA dari pemadaman sebelumnya pukul 15.50 Wita. Menurut dia, pemadaman yang dikatakan bergilir itu sudah keterlaluan.

"Kata pihak PLN di media tidak ada lagi pemadaman sejak dua hari lalu dan akan normal, namun terbukti itu tidak sesuai fakta masih saja mati lampu. Bukan pemadaman bergilir tapi menyala yang bergilir," kata aktivis UMI ini.

Pemadaman listrik diketahui hampir merata di sejumlah titik di Kota Makassar dan sekitarnya. Berdasarkan pantauan, aktivitas di sejumlah restoran, daerah perkantoran, termasuk Rumah Sakit serta objek vital sangat tergangu.

Arus kendaraan juga terlihat semberawut di beberapa titik jalan protokol di Makassar. Hal itu diakibatkan tidak berfungsinya traffick light (lampu merah). Sejumlah polisi lalulintas terlihat sibuk mengatur lalulintas, bahkan aparat TNI terlihat turun ke jalan mengatur arus lalulintas.

Sementara, Kepala Humas PT PLN Sulselrabar, Rosita Zulkarnaen mengaku pemadaman listrik dilakukan karena ada kegagalan isolasi pada Pemutus Tenaga (PMT) 150 KV Hybrid Insulation System (HIS) Trafo 60 MVA pada Gardu Induk Tallo Lama. Dirinya membenarkan pemadaman dimulai pukul 15.50 WITA, sehingga pemadaman meluas dari berbagai titik.

Namun, kata dia, beberapa daerah tidak mengalami pemadaman, seperti Pinrang, Polmas, Majene, Mamuju, dan sebagian Enrekang. "Petugas PLN terus berupaya menormalkan kembali sistem interkoneksi Sulselbar dari pukul 16.00. Untuk Makassar pemulihan sub terus dilakukan secara bertahap. Diperkirakan akan normal kembali pukul 23.00 WITA," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement