Jumat 05 Feb 2016 10:56 WIB

Pengrajin Kembang Plastik Kebanjiran Order Jelang Imlek

Toko kembang plastik
Foto: Antara
Toko kembang plastik

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pengrajin hiasan kembang plastik di Kelurahan Kencana, Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar) mulai kebanjiran pemesanan (order) menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2567. "Menjelang Imlek kami harus mengirim lebih dari 500 batang setiap harinya," kata salah satu pengrajin kembang plastik yang terletak di Kampung Baru RT 03/RW 06 Kelurahan Kencana, Fahrudin, di Bogor, Jumat (5/2).

Fatih Florist Decoration milik Fahrudin menerima pemesanan kembang plastik hingga 500 batang per hari. Ia mengatakan, usaha kerajinan kembang plastik sudah berdiri sejak lima tahun lalu.

Fatih Florist Decoration salah satu pengrajin kembang plastik yang cukup besar di Kelurahan Kencana, produksinya sudah dipasarkan ke seluruh nusantara. "Dalam sehari kami memproduksi 100 sampai 200 batang. Kalau pesanan sudah mencapai ribuan batang," katanya.

Kembang plastik yang diproduksi Fatih Florist memanfaatkan ranting pohon jambu sebagai tangkainya. Penggunaan tangkai kayu membuat kembang plastik yang dihasilkan tampak lebih cantik, sehingga banyak diminati. Fahrudin mengatakan proses pembuatan kembang ini cukup sulit. satu jam bisa jadi hanya satu tangkai.

Ia mengatakan, kembang plastik Fatih Florist Decoration dijual per lusin dan dikirim melalui distributor. Dari distributor disebarluaskan ke berbagai kota di Indonesia. "Kami sudah mengirim hampir ke seluruh wilayah di Indonesia. Untuk harga satu batang dibandrol dari Rp 50 ribu hingga Rp 2 juta," katanya.

Kepala Seksi Trantib Kelurahan Kencana, Iyan Sofyan menyebutkan, Fatih Florist Decoration satu-satunya pengrajin kembang plastik terbesar di Kota Bogor yang ada di Kelurahan Kencana dan sudah memasok kembang plastik ke sejumlah penjual. "Pengrajin kembang plastik skala kecil mungkin ada banyak. Tetapi yang sudah memproduksi skala besar baru ada di Kelurahan Kencana. Rata-rata penjual kembang plastik memasok barang dari Fatih Florist Decaration," katanya.

Menurutnya, keberadaan UKMK kembang plastik di Kelurahan Kencana berdampak positif, selain dapat memberikan peluang kerja bagi warga sekitar, juga mendorong pergerakan perekonomian bagi masyarakat sekitar. "Walau belum begitu besar, jika terus dikembangkan, dapat meningkatkan produksi dan membuka peluang kerja bagi warga sekitar," kata Iyan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement