Kamis 04 Feb 2016 23:53 WIB

Banjarmasin Musnahkan Sabu Senilai Rp 450 Juta

Red: Ilham
Sejumlah barang bukti berupa paket narkoba jenis sabu
Foto: Antara/Adwit B Pramono
Sejumlah barang bukti berupa paket narkoba jenis sabu

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Polresta Banjarmasin memusnahkan barang bukti sabu-sabu senilai ratusan juta rupiah pada Kamis (4/2) pagi sekitar pukul 11.00 Wita. Barang haram itu adalah hasil tangkapan selama tiga bulan terakhir di kota setempat.

"Kami menggelar acara pemusnahan barang bukti Narkoba ini memang sudah rutin dilaksanakan," kata Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Wahyu Dwi Ariwibowo Sik di Banjarmasin, Kamis (4/2).

Wahyu mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan itu di antaranya sabu-sabu seberat 225,32 gram atau seharga Rp 450 juta serta ekstasi jenis ineks sebanyak 18,5 butir. Pemusnahan itu dilakukan dengan cara menggunting sabu-sabu tersebut dari plastiknya kemudian dimasukan ke dalam ember yang telah berisikan air diterjen begitu juga ekstasi.

"Dari 225.32 gram sabu-sabu yang kami musnahkan itu ada sekitar 3.000 jiwa di wilayah Banjarmasin yang berhasil diselamatkan," katanya usai acara tersebut.

Dikatakannya, kegiatan pemusnahan barang bukti Narkoba itu disaksikan oleh para tamu undangan di antaranya Kejari Banjarmasin, Pengadilan Negeri, Bapas, LKBH Unlam Banjarmasin, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. Dwi terus mengatakan, acara seperti itu memang secara rutin dilaksanakan pertiga bulan sekali dan menjalankan sesuai amanat UU agar menghindari dari penyalahgunaan oknum yang bermain.

Bukan itu saja, sabu-sabu dan ektasi itu dimusnahkan langsung dihadapan 11 tersangkanya. Sebelas tersangka yang hadir itu di antaranya bernama Taupikurrahman, Rusnah, Ramlan, Zulkifli, Suriansyah, Rina Susilawati, Fresi, Taufik Hidayat, Rahmadi, Ahmad Rizani dan Fahrul, semua tersangka warga Kota Banjarmasin.

Sementara itu, tersangka Taufikkurrahman yang ditangkap dengan barang bukti terbanyak seberat 161 gram sabu-sabu terpaksa harus tercengang menyaksikan barang haramnya dimusnahkan. "Ya saya hanya bisa melihat saja kalau sabu-sabunya dimusnahkan," katanya saat hadir diacara pemusnahan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement