Senin 01 Feb 2016 08:12 WIB

Presiden Jokowi akan Sambut PM Hungaria

Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orban di Istana Merdeka, Senin (1/2).  Setelah upacara penyambutan resmi akan dilaksanakan rangkaian acara, di antaranya sesi foto bersama dan pertemuan antara Presiden RI dan Perdana Menteri Hongaria.

Acara akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara delegasi Republik Indonesia dan delegasi Hungaria. Kedua negara juga akan menandatangani nota kesepahaman untuk mempererat kerja sama bilateral. Selanjutnya, acara akan dirangkai dengan Jamuan Makan Siang Resmi untuk menghormati Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dan Nyonya Aniko Levai di Istana Negara Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa kunjungan PM Viktor Orban bertujuan memperkukuh kerja sama ekonomi kedua negara.

"Indonesia harapkan kunjungan PM Hungaria akan meningkatkan kerja sama ekonomi sebagai realisasi dari diplomasi ekonomi RI yang merupakan prioritas ketiga politik luar negeri RI," katanya.

Perdana Menteri Hungaria datang bersama lima menterinya, yaitu Menteri Luar Negeri dan Perdagangan, Menteri Pertanian, Menteri Ekonomi, Menteri Pembangunan Nasional, dan Menteri Negara untuk Pendidikan Tinggi. Selain itu, hadir juga bersama PM Hongaria sekitar 47 pengusaha yang bergerak di bidang keuangan, energi, perhotelan, manufaktur, dan perkeretaapian.

Dalam pertemuan PM Orban dengan Presiden Jokowi, topik yang akan dibahas antara lain peningkatan kerja sama di bidang ekonomi digital, energi terbarukan, water management, serta perdagangan dan investasi. Selain itu, kedua pemimpin akan membahas upaya yang berkontribusi terhadap perdamaian serta stabilitas kawasan dan dunia.

Kunjungan PM Orban akan menghasilkan dua dokumen kerja sama (memorandum of understanding/ MoU) di bidang perikanan dan budi daya serta di bidang program pertukaran pendidikan tinggi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement