Sabtu 30 Jan 2016 00:15 WIB

Suku Anak Dalam Serahkan 25 Senpi ke TNI

Rep: reja irfa widodo/ Red: Ani Nursalikah
Suku Anak Dalam, ilustrasi
Suku Anak Dalam, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Sebanyak 25 pucuk senjata api diserahkan petinggi, Temenggung, dan anggota Suku Anak Dalam kepada aparat TNI, tepatnya kepada Korem 042/Garuda Putih (Gapu), Jambi. Penyerahan 25 pucuk senjata api laras panjang itu dilakukan oleh empat orang perwakilan Suku Anak Dalam dari Desa Batin IX, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Batanghari.

Dalam penyerahan ini, empat orang Suku Anak Dalam itu didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan tim Intel Korem 042/Gapu. Penyerahan 25 pucuk senjata ini diterima langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu, Kolonel Inf TNI, Makmur Umar, di halaman Markas Korem 042/Gapu, Jambi, Jumat (29/1) pagi.

Penyerahan senjata ini, ujar Makmur, merupakan hasil binaan dan pendekatan pihak TNI kepada Suku Anak Dalam. Akhirnya, 25 kepala keluarga Suku Anak Dalam sepakat menyerahkan senjatanya kepada aparat keamanan. Penyerahan ini pun menandakan kesadaran hukum yang telah dimiliki Suku Anak Dalam.

Penyerahan senjata ini sebagai wujud sinergi antara aparat Intelijen dengan Teritorial. ''Aparat Intelijen melakukan penggalangan secara terbatas, sementara kegiatan pembinaan Teritorial dilakukan melalui komunikasi sosial dengan masyarakat Suku Anak Dalam,'' ujar Makmur dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Jumat (29/1).

Tidak hanya itu, Makmur berharap, kepada setiap warga dan Suku Anak Dalam, yang masih menyimpan senjata, baik laras panjang ataupun laras pendek, segera menyerahkannya ke Babinsa dan Koramil. Tidak hanya itu, hingga saat ini, pembinaan komunikasi sosial terhadap masyarakat Suku Anak Dalam akan terus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement