Rabu 27 Jan 2016 06:51 WIB

BPBD Lebak Ingatkan Ancaman Puting Beliung

Puting beliung (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten memberikan peringatan untuk mewaspadai bahaya angin puting beliung. Peringatan menyusul curah hujan di daerah itu meningkat.

"Peringatan kewaspadaan ini setelah ratusan rumah di Kecamatan Cijaku dan Malingping rusak akibat diterjang angin puting beliung dan hujan deras disertai petir," kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi saat dihubungi, Selasa (26/1).

Selama ini, cuaca buruk menerjang sejumlah wilayah Kabupaten Lebak dengan angin puting beliung dan longsor. Selain itu juga hujan lebat yang mengakibatkan ruas jalan tergenang banjir.

Cuaca buruk itu akibat curah hujan cukup tinggi, sehingga warga perlu mewaspadai terjadi bencana alam tersebut. Saat ini, kata dia, beberapa hari terakhir hujan deras disertai angin kencang terjadi sore hari.

"Kita perlu meningkatkan kewaspadaan dengan tibanya musim penghujan itu," katanya.

Menurut dia, berdasarkan laporan dari BMKG Banten bahwa curah hujan tinggi akan terjadi akhir Januari-Februari 2016. Saat ini, hampir setiap hari hujan deras disertai angin puting beliung dan sambaran petir terjadi di wilayah Lebak.

"Kami berharap seluruh warga dapat meningkatkan kewaspadaan cuaca buruk sehinga tidak menimbulkan korban jiwa," katanya.

Kaprawi menyebutkan, pihaknya telah menyalurkan bantuan bagi warga yang mengalami bencana angin puting beliung di delapan desa di Kecamatan Cijaku dan Malingping. Bantuan itu berupa bahan pokok, susu, kopi, sarden, selimut dan peralatan dapur serta minuman kemasan.

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi warga," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement