Senin 25 Jan 2016 16:08 WIB

Warga Bogor Semakin Dimanjakan Taman Kota

Rep: C32/ Red: Winda Destiana Putri
Taman Kota
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Taman Kota

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor semakin menata taman kota demi mewujukan program sejuta taman.

Setelah direalisasikannya delapan taman baru pada akhir 2015, warga Bogor semakin menikmati tata kota yang banyak menyuguhkan kehijauan.

"Wah ini enak sekarang, semenjak ada program Bogor jadi sejuta taman sekarang jadi lebih banyak taman dan bagus," kata warga Bogor Nur Isma Wati (23) kepada Republika, Senin (25/1).

Perempuan yang kerap disapa Isma itu mengakui semenjak ada pembangunan taman, ia mempunyai lokasi taman favorit yaitu Taman Ekspresi. Saat libur dan saat waktu luang ia lebih memlih untuk duduk santai di bangku Taman Ekspresi.

Lokasi yang berdekatan dengan Lapangan Sempur kini berubah menjadi tempat aktivitas warga. Menurut pentauan Republika, taman tersebut tak hanya menjadi lokasi untuk bersantai namun bisa menjadi pilihan tempat melakukan beragam aktivitas.

"Di sini walau aku cuma duduk tapi banyak yang dilihat. Banyak warga yang pakai taman ini untuk latihan menari, olahraga, karate, dan banyak lah," tutur Isma.

Sebagai warga Bogor, Isma mengakui sangat menyukai jika banyak juga masyarakat datang meramaikan taman. Menurutnya, selain mall maka taman kota sudah menjadi alternatif lain bagi warga Bogor untuk sekedar mencari hiburan.

Sama halnya dengan Isma, Sulaeman (26) juga mengungkapkan semakin menikmati beberapa taman di Bogor. Meskipun tak sering mendatangi taman, namun ketika menyusuri Bogor saat pergi dan pulang kerja cukup membuat pemandangan indah.

"Taman Kencana juga bagus, favorit saya kalau ke sana sekedar cuma untuk ngobrol sama teman-teman," tutur Sulaeman. Menurutnya, semenjak taman tersebut dibangun perwatannya juga terlihat rutin dilakukan oleh pemkot Bogor.

Sesuai dengan pantauan Republika, Taman Kencana memang terlihat menyuguhkan kehijauan dengan tata tanaman yang rapih. Permainan anak dan bangku juga tersedia. Meskipun begitu saat hujan memang terlihat sepi, namun menurut Sulaeman jika sore lebih teramg maka taman tersebut kembali ramai.

Menurutnya, soal kebersihan, tanaman terawat, dan fasilitas sudah semakin lebih baik terlihat di banyak taman. Meskipum begitu menurut Sulaeman, beberapa kali masih ada masyarakat yang lalai dalam membuang sampah.

Untungnya, tetap ada petugas kebersihan dan pemeliharaan taman yang rutin menjaga kebersihan. "Kalau petugas kebersihan enggak rajin, paling taman juga udah kembali rusak lagi cepat atau lambat," ungkap Sulaeman.

Di sisi lain, pemkot memang tidak memberikan peraturan tegas atau hukuman tertentu jika ada masyarakat Bogor lalai menjaga kebersihan taman.

"Kalau ada masyarakat yang merusak taman tidak ada penindakan. Namun kita juga tetap mengimbau untuk masyarakat Bogor menjaga lingkungannya juga," tutur Kepala Bidang Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bogor, Senin (25/1).

Pemkot juga bekerja sama dengan komunitas masyarakat yang juga sering menggunakan taman sebagai tempat berkumpul untuk tetap merawat keasriannya. Dengan begitu, masyarakat juga merasa penting untuk tidak merusak taman kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement