Sabtu 23 Jan 2016 22:40 WIB

10 Kecamatan di Langkat Rawan Puting Beliung

Angin Puting Beliung dan hujan deras menerpa Bandung Timur, Kamis (19/12) Sore.
Foto: Istimewa
Angin Puting Beliung dan hujan deras menerpa Bandung Timur, Kamis (19/12) Sore.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT, SUMUT -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mencatat adanya 10 kecamatan di daerah itu yang rawan terhadap terpaan angin puting beliung.

"Bila angin puting beliung sewaktu-waktu datang dan tidak terduga, bisa merusak rumah warga baik berat mau pun ringan," kata Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat Irwan Syahri di Stabat, Sabtu (23/1).

Adapun 10 kecamatan yang rawan angin puting beliung terdiri dari Kecamatan Secanggang, Pangkalan Susu, Sei Lepan, Padang Tualang, Wampu, Stabat, Binjai, Selesai, dan Sei Bingai.

Angin puting beliung yang sering terjadi di daerah itu tidak bisa diprediksi, karena bisa datang sewaktu hujan deras, tetapi bisa juga dalam kondisi normal.

 

Salah satu tiupan angin yang sangat terkenal di Langkat adalah "angin Bahorok" yang bisa berputar-putar di satu kecamatan sehingga merusak rumah warga, sekolah, mau pun rumah ibadah.

Untuk itu, instansinya selalu mengingatkan warga harus untuk waspada terhadap angin puting beliung, termasuk mengambil tindakan yang diperlukan seperti keluar rumah hingga angin tersebut tenang.

Dari data yang ada untuk tahun 2015, angin puting beliung melanda beberapa kecamatan menyebabkan 110 unit rumah mengalami kerusakan ringan.

Ada juga 101 rumah yang mengalami rusak berat, diantaranya tertimpa pohon yang berada di sekitar kediaman warga, atau atap rumah warga terangkat.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement