Sabtu 23 Jan 2016 04:18 WIB

Ini Dia 20 Rute Transjabodetabek

Rep: c33/ Red: Andi Nur Aminah
Bus Transjabodetabek.
Foto: PPD
Bus Transjabodetabek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) mengaku sudah menyusun rute-rute baru untuk layanan bus Transjabodetabek. Penambahan rute-rute baru dilakukan usai PPD memperoleh tambahan 600 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan pada 21 Januari lalu.

Jumlahnya mencapai 16 rute. Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa mengatakan ada penambahan 16 rute. Menurutnya, dengan penambahan 16 rute baru tersebut, maka jumlah keseluruhan rute layanan bus Transjabodetabek akan ada 20 rute. Adapun mengenai tarif, Ia memastikan penumpang yang naik bus di ke-20 rute ini hanya wajib membayar Rp 3.500 . 

Ia menegaskan penumpang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan supaya bisa menikmati rute itu. "Cukup bayar Rp 3500. Berlaku tidak hanya yang berangkat dari kawasan penyangga ke Jakarta, tapi juga arah sebaliknya," ujarnya, Jumat (22/1).

 

Berikut 16 rute baru ditambah  empat rute yang sebelumnya sudah ada :

 

Rute Bekasi:

- Bekasi-Hotel Indonesia

- Bekasi-Tanjung Priok

- Delta Mas-Senen-Tanjung Priok

- Harapan Indah-Pasar Baru

- Sumarecon-Pasar Baru

 

Rute Depok/Bogor:

- Bogor-Kota

- Depok-Grogol

- Jatijajar-Ancol

- Jatijajar-Dukuh Atas

- Jatijajar-Pulogadung

- Jatijajar-Senen

 

Rute Tangerang Selatan:

- BSD City-Blok M

- Ciputat-Blok M

- Cipuatat-Kampung Rambutan

 

Rute Tangerang:

- Kota Bumi-Senen

- Poris Plawad-Ancol

- Poris Plawad-Blok M

- Poris Plawad-Kemayoran

- Serpong-Tanjung Priok

 

Hingga sekarang layanan bus Transjabodetabek hanya melayani empat rute. Keempat rute itu adalah dari Harapan Indah (Bekasi)-Pasar Baru, Depok-Grogol, Ciputat (Tangsel)-Blok M, dan Poris Plawad (Tangerang)-Kemayoran. 

Penumpang pun masih harus mengeluarkan biaya tambahan kalau naik dari luar jalur bus Transjakarta. Besarannya berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 10 ribu.

Beruntung, PPD dan PT Transportasi Jakarta memperoleh kesepakatan untuk pembayaran dengan sistem rupiah per kilometer pada Ahad (16/1). Melalui sistem ini, pemasukan untuk PPD akan dibayarkan oleh PT Transjakarta. Adapun, penumpang Transjabodetabek hanya cukup membayar RP 3.500 dengan cara non tunai, seperti yang diterapkan dalam layanan Transjakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement