Jumat 22 Jan 2016 13:00 WIB

2016, Pemkab Sukabumi Kembangkan UKM Digital

Rep: Riga Iman/ Red: Winda Destiana Putri
UKM kerajinan rotan (Ilustrasi)
UKM kerajinan rotan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi akan mengembangkan program usaha kecil, dan menengah (UKM) Digital. Program ini dilakukan untuk memajukan potensi UKM yang ada di Sukabumi.

"Kita mulai mengembangkan UKM Digital bekerjasama dengan Telkom," ujar Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar (Diskoperidagsar) Kabupaten Sukabumi Agus Ernawan kepada Republika Jumat (22/1).

Di mana, pelaku UKM akan difasilitasi terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).UKM Digital lanjut Agus, diharapkan dapat memperluas akses warga dalam TIK.

Sehingga para pelaku UKM di satu wilayah bisa memasarkan produknya dengan cara online.Penjualan dengan online ini lanjut Agus, akan memudahkan pemasaran produk UKM.

Di mana, pembeli nantinya bisa mendapatkan informasi secara mudah dan langsung dari pelaku UKM di Sukabumi melalui media online.

Harapannya ujar Agus, tingkat penjualan produk UKM bisa semakin meningkat dibandingkan sebelumnya. Jika penjualan meningkat, maka tingkat penghasilan dan kesejahteraan pelaku serta masyarakat pada umumnya akan mengalami kenaikan.

Di sisi lain, Agus mengungkapkan, Pemkab Sukabumi saat ini tengah menggiatkan program penumbuhan 1.001 wirausaha baru selama 2014 hingga 2018 mendatang. Program ini sejalan dengan yang digulirkan oleh Pemprov Jawa Barat.

"Penumbuhan wirausaha baru perlu secara umum difasilitasi melalui kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan TIK," ujar Agus.

Selain itu perluasan akses pasar, promosi, capacity building, dan akses terhadap sumber pembiayaan baik berupa stimulan start up capital maupun sumber pembiayaan lain bagi calon wirausaha baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement