Rabu 20 Jan 2016 23:40 WIB

Pendidikan Terbaik Mampu Kembangkan Potensi Anak

Anak memiliki sembilan potensi kecerdasan yang perlu diketahui orang tua agar bisa mengoptimalkan potensi anaknya.
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Anak memiliki sembilan potensi kecerdasan yang perlu diketahui orang tua agar bisa mengoptimalkan potensi anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi Pendidikan Bambang Irianto mengatakan sekolah hendaknya memberi pendidikan yang sesuai dengan potensi anak.

"Sekolah yang baik harus memberikan pendidikan yang sesuai dengan potensi anak, karena pendidikan merupakan perencanaan menyeluruh dan berkesinambungan yang harus dilalui anak mulai dari TK hingga perguruan tinggi," ujar Bambang di Jakarta, Rabu Malam.

Oleh karena itu, lanjut Bambang, perlu adanya perencanaan perjalanan pendidikan anak sejak dini. Hal itu akan membantu orang tua dalam mengarahkan anak untuk belajar efektif dan memberikan manfaat jangka panjang yang lebih optimal.

"Salah satunya kesempatan lebih besar untuk pilihan karier yang cemerlang. Penting bagi orang tua untuk terlebih dahulu memahami keunikan sistem pendidikan di Indonesia saat ini," katanya.

Saat ini, Indonesia menduduki posisi terakhir dari 40 negara yang dinilai dalam hal pencapaian pendidikan menurut Laporan The Learning Curve Pearson 2014. Selain itu, Indonesia menduduki peringkat ke-64 dari 65 negara pada peringkat pendidikan global Programme for International Student Assessment (PISA) dalam bidang matematika, sains, dan membaca.

"Sudah selayaknya layanan pendidikan memberikan pengaruh yang baik pada orang tua untuk menentukan mana yang sesuai dengan potensi anak, karena akan berpengaruh pada perjalanan pendidikannya di masa depan," terang dia

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement