Senin 18 Jan 2016 11:08 WIB

Darmin Ajak Pegawainya Banyak Baca

Darmin Nasution
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Darmin Nasution

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengajak para pegawai di lingkungan kementeriannya untuk memperbanyak membaca demi meningkatkan pengetahuan. Ajakan ini disampaikan Menteri Darmin saat memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 74 aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Bidang Perekonomian yang telah bekerja selama 10-30 tahun dan pelantikan 103 ASN baru di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (18/1).

"Kantor kementerian koordinator itu mengikuti dinamika dari berbagai sektor dan harus peduli substansi. Oleh sebab itu anda harus memiliki semangat untuk terus membaca terutama hal yang berkaitan dengan pekerjaan," kata Darmin.

Menteri yang pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia ini melanjutkan, apa saja bisa menjadi sumber bacaan, mulai dari koran, jurnal, paper dan lain-lain. Para ASN diharapkan dapat terus memperbaharui pengetahuannya sesuai bidang yang digeluti seperti di sektor ekonomi makro, infrastruktur, UMKM dan sebagainya.

Selain memotivasi pegawainya untuk tetap membangun semangat membaca, Darmin juga meminta mereka terus bekerja keras dan memiliki ambisi.

"Memiliki ambisi, menjadi ambisius boleh-boleh saja asal tidak mencurangi orang lain. Yang paling bahaya sebenarnya adalah tidak memiliki ambisi," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Darmin juga berencana akan memperbaiki sistem informasi kepegawaian di kementeriannya dengan tujuan memberi motivasi kepada para pegawai. Dia ingin sistem informasi kepegawaian tidak hanya berisi informasi tentang nama, jabatan dan golongan, tetapi juga mencantumkan hasil evaluasi kinerja yang terus diperbaharui.

Kondisi ini, tutur Darmin, sudah diaplikasikan di Singapura yang 20 persen waktu setiap pejabat negaranya dialokasikan untuk mengurus masalah SDM.

"Kebijakan seperti itu dapat membuat orang lebih bersemangat untuk menjadi lebih baik, yang akhirnya bisa menghasilkan sesuatu yang penting," ujar dia.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement