Senin 18 Jan 2016 04:31 WIB

Lampu Merah di Kota Bandung Sebagian Mati

Rep: C26/ Red: Nur Aini
Lampu Lalulintas alias Lampu Merah. (ilustrasi)
Foto: www.tahukah-kamu.com
Lampu Lalulintas alias Lampu Merah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah lampu merah di jalan-jalan Kota Bandung tidak berfungsi normal atau mati. Akibatnya kemacetan pun melanda pada saat jam-jam sibuk.

Lampu mati menyebabkan kendaraan bermotor semrawut mencoba saling mendahului menyeberang. Arus lalu lintas menjadi tidak teratur dan rawan kecelakaan.

Dari pantauan Republika, Ahad (17/1) , ada empat titik lampu merah yang mati. Perempatan Karapitan - Cikawo, perempatan Jalan Gatot Subroto - Malabar, pertigaan Jalan Gatot Subroto - Cikuray, perempatan Supratma - Brigjen Katamso. Kondisi ini kerap menyebabkan penumpukan kendaraan di jam-jam sibuk.

Salah seorang warga Adang (60) matinya lampu merah di perempatan Jalan Karapitan - Cikawao sudah berlangsung selama sepekan lalu. Adang menduga matinya lampu merah karena angin kencang dan hujan deras.

"Iya sudah dari seminggu yang lalu matinya, mungkin gara-gara angin kenceng pas hujuan waktu itu," katanya saat ditemui di lokasi, Ahad (17/1).

Menurutnya, kondisi ini sangat membahayakan para pengendara yang melintas, terutama jika pengendara tidak hati-hati. Ia berharap petugas segera membetulkan agar lalu lintas kembali teratur.

Hal ini diperparah dengan tidak adanya petugas kepolisian yang berjaga untuk mengatur lalu lintas dan ditambah banyak pengendara yang tidak tertib.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Agung Purnomo

mengakui pihaknya telah mendapat laporan ada sejumlah lampu TL yang tidak berfungsi. Menurut dia, penyebab lampu-lampu TL yang mati disebabkan kerusakan komponen. Bahkan ada juga sebagian komponen seperti kabel yang hilang dicuri.

" Alat (lampu TL)  yang kita miliki memang  terlalu lama. Seperti yang di Jalan Gatot Subroto - Malabar itu disebabkan modulnya terbakar. Kemudian di beberapa titik ada juga  kabel jaringannya putus karena dicuri orang,"ujar Agung.

Kerusakan yang sama juga yang terjadi pada lampu TL yang berada perempatan Jalan Karapitan - Cikawao.

Sementara itu, untuk penanganan lampu TL yang tidak berfungsi lanjut Agung, pihaknya akan segera melakukan perbaikan sementara.

" Kami akan mencoba melakukan perbaikan. Seperti di (perempatan) Katamso-Supratman, hari Senin atau Selasa akan kita perbaiki termasuk Karapitan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement