Kamis 14 Jan 2016 08:22 WIB

Irman Gusman: GBHN adalah Panduan

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Irman Gusman
Foto: dok DPD RI
Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman mengatakan Indonesia perlu panduan jangka panjang. Bukan hanya rencana-rencana per tahun, atau per periode agar tidak kehilangan arah.

"Dalam rangka itu, GBHN sebagai panduan, yang pernah kita rasakan manfaatnya, dalam dimensi jangka panjang yang lebih sustainable," ujar Irman, Rabu (14/1).

Irman mengatakan, sebelumnya bangsa Indonesia telah merasakan manfaat dari diterapkannya GBHN. Sehingga, wacana kembalinya ditetapkan GBHN akan membuat pembangunan bangsa lebih terarah.

Hanya saja, menurutnya, harus ada sosialisasi terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan penerapan GBHN. Ada mekanisme yang harus dipenuhi, seperti kebutuhan 2/3 suara untuk menyetujuinya.

"Tidak tabu untuk kita mendukung ini. Kalau memang diperlukan, kita laksanakan. DPD mendukung gagasan ini, mari bersama-sama mewujudkannya," kata Irman.

Menurutnya, pemimpin negara boleh berganti, tapi apa yang ingin dituju oleh bangsa demi keadilan dan kemakmuran harus terformatkan. Penrencanaan yang baik merupakan 50 persen menuju pencapaian yang sukses.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement