Jumat 08 Jan 2016 15:46 WIB

Tahanan Kabur, Kapolda Papua Datangi Lapas Abepura

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.
Foto: Antara
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

REPUBLIKA.CO.ID,JAYAPURA -- Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mendatangi Lembaga Pemasyarakatan Abepura, Jayapura, pascakaburnya 13 warga binaan lembaga itu.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpuw tiba di Lapas Abepura, Jumat (8/1) sekitar pukul 15.10 WIT. Kapolda langsung memasuki Kantor Lapas Abepura dan meminta keterangan dari Kalapas Abepura Bagus, terkait kaburnya 13 tahanan dan nara pidana tersebut. Kapolda Waterpauw juga mendatangi pintu utama yang menjadi pintu kaburnya para narapidana.

(Baca juga: Belasan Napi Lapas Abepura Kabur Setelah Aniaya Petugas)

Dari keterangan yang diperoleh, belasan warga binaan itu kabur melalui pintu utama dengan membawa senjata tajam. Mereka (tahanan dan napi) yang kabur keluar melalui pintu utama dan mengancam petugas sipir di loket pintu masuk utama. Sebagian sipir dipukuli dan diancam setelah itu mereka melarikan diri.

Selain meminta keterangan dari Kalapas, Kapolda Waterpauw juga menanyai para petugas sipir yang berjaga di loket. Dari keterangan yang disampaikan sipir wanita yang berjaga kala itu di loket menyebutkan bahwa belasan warga binaan yang kabur mengancam dengan sajam.

Setelah meminta keterangan dari sipir dan Kalapas, Kapolda mendatangi anggotanya yang bersenjata lengkap dan meminta menggeledah kantor Lapas.

Kapolda juga meminta agar anggotanya meminta keterangan dan kronologis secara detail dari Kalapas Abepura serta para sipir terkait kasus kaburnya belasan tahanan dan napi tersebut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement