Jumat 08 Jan 2016 14:40 WIB

PKS Berharap Persatuan Umat Islam Indonesia Terwujud

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ilham
Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufrie
Foto: Antara/Zainuddin MN
Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufrie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Salim Segaf Al Jufrie berharap persatuan umat Islam Indonesia dapat terwujud. Persatuan umat akan menciptakan kekuatan yang mampu memperjuangkan kepentingan dunia Islam.

"Setiap elemen umat Islam baik Ormas, lembaga sosial, pendidikan, maupun partai politik Islam memiliki nilai plus masing-masing yang saling melengkapi sebagai satu tubuh umat Islam. Kita ini satu, dalam Islam," katanya, Jumat, (8/1).

Setiap elemen punya peran masing-masing dan saling melengkapi. Seperti anggota tubuh, semuanya punya peran. "Kepala tidak lebih hebat dari tangan dan kaki, begitupun sebaliknya. Boleh jadi yang di bawah lebih mulia karena memikul beban di atasnya yang berat," kata Salim.

Ia juga meminta umat Islam meneladani Nabi Muhammad SAW dalam membangun persatuan umat Islam. Diperlukan semangat berkorban baik harta maupun jiwa (tadlhiyah) dan mendahulukan saudara (itsar) untuk merajut persatuan.

"Hal itu yang dicontohkan Rasulullah dan para sahabatnya baik dari Muhajirin maupun Anshor. Pernah Nabi Muhammad, Abu Bakar, dan Umar dalam satu waktu bersamaan belum makan, mereka saling mendahulukan satu sama lain untuk memenuhi lapar."

Mereka melakukan hal itu bukan karena puasa, tapi karena harta mereka digunakan untuk perjuangan dakwah Islam. Bahkan, saat ada daging kambing disajikan oleh sahabat, Nabi Muhammad meminta daging tersebut diantarkan ke Fatimah yang sudah lama tidak merasakan daging.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement