Kamis 07 Jan 2016 19:52 WIB

DPD RI Bertemu Dubes Ceko Bahas Potensi Daerah

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Irman Gusman
Foto: dok DPD RI
Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman menerima kunjungan dari Duta Besar Republik Ceko Ivan Hotek.

Pembahasan potensi daerah di kedua negara menjadi bahan tukar pikiran dalam pertemuan tersebut di ruang kerja Ketua DPD RI, Rabu (6/1).

"Kedatangan dubes merupakaan bentuk apresiasi yang sangat besar tehadap keberadaan DPD RI," kata Ketua Badan Kerjasama Parlemen (BKSP) A.M Iqbal Parewangi.

Iqbal menyampaikan, Republik Ceko memiliki kesamaan sistem pemerintahan dengan Indonesia, yaitu bikameral. Republik Ceko juga melakukan pemilihan langsung untuk menentukan pimpinan negaranya.

Dari kesamaan sistem tersebut, menurut Iqbal, pembicaran keduanya berjalan dengan hangat. Pembicaraan yang dibahas oleh Ketua DPD RI dan Duta Besar Republik Ceko salah satunya membahas seputar pemanfaatan energi alternatif nuklir.

"Tapi kita penting melihanya bagaimana dengan kepentingan nasional kita. Apakah bagus untuk indonesia atau tidak," kata anggota DPD RI dari Sulawesi Selatan ini.

Sebagai tindak lanjut pertemuan keduanya, menurut Iqbal, BKSP akan melakukan pendalaman isu untuk kepentingan daerah, terutama dalam bidang investasi.

Selanjutanya, diharapkan DPD RI melalui BKSP akan lebih sering mendatangkan perwakilam luar negeri, daripada langsung mengunjungi negaranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement