Kamis 07 Jan 2016 19:04 WIB

Kemenhub Imbau Daerah Lakukan Penyesuaian Tarif Angkutan Umum

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau pemerintah daerah segera melakukan penyesuaian tarif angkutan penumpang umum dan tarif penyeberangan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan, hal ini dimaksudkan agar penurunan harga BBM dapat mengurangi beban biaya transportasi masyarakat dan meningkatkan efisiensi distribusi logistik nasional.

Jonan menjelaskan, penyesuaian angkutan penumpang Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) kelas ekonomi, angkutan perkotaan, dan angkutan perdesaan, serta angkutan penyeberangan lintas antar kabupaten/kota dalam provinsi dan lintas dalam kabupaten/kota dilakukan oleh gubernur, bupati, wali kota sesuai kewenangannya.

Jonan juga meminta perhitungan tarif angkutan umum dan tarif penyeberangan tetap memperhatikan kondisi dan daya beli masyarakat setempat, serta aspek keselamatan pelayanan transportasi.

"Sebagai acuan besaran penurunan tarif, Kemenhub mulai 15 Januari 2016 memberlakukan penurunan tarif sebesar lima persen untuk AKAP kelas ekonomi dan angkutan penyeberangan lintas antar provinsi," katanya di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (7/1).

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement