Kamis 07 Jan 2016 08:41 WIB

Menyongsong 2016 dengan Semangat Keuangan Keluarga Indonesia

Red: M Akbar
ilustrasi merencanakan 2016
Foto:

Industri pariwisata dan ekonomi kreatif adalah salah satu industri andalan untuk menambah masuknya devisa negara yang seharusnya juga diramaikan oleh turis domestik sebagai alternatif wisata ke luar negeri.

Banyak sekali destinasi unggulan di Tanah Air yang sangat menarik dan layak dikunjungi. Misalnya, pada Oktober 2015 yang lalu, Nusa Tenggara Barat telah dinobatkan sebagai The World’s Best Halal Tourism and Honeymoon. Rasanya itu dapat menjadi sasaran bagi turis mancanegara yang peduli dengan nilai-nilai Islam.

Tahun 2015 juga diisi dengan berita pengiriman jumlah mahasiswa yang dikirim ke luar negeri meningkat drastis. Mereka itu ada yang belajar dengan beasiswa atau biaya sendiri. Dengan melemahnya kurs rupiah, keluarga yang cermat harus pandai memetakan porsi investasi untuk pendidikan masa depan.

Termasuk juga memilih keahlian yang diperlukan untuk menurunkan tingkat pengangguran akibat tidak tepatnya keahlian yang dimiliki oleh lulusan sarjana saat ini.

Saat ini, pengumpulan dana zakat masih belum maksimal, padahal dampaknya sangat dasyat untuk mengurangi kemiskinan di Tanah Air. Untuk itu, para keluarga diharapkan untuk menaikkan kesadarannya membantu menurunkan angka kemiskinan.

Caranya, tentu saja dengan menyalurkan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf dengan tepat sasaran. Salah satunya, menunjang pemberdayaan ekonomi masyarakat dhuafa. Jika bingung bagaimana caranya, kita dapat menyerahkan dana tersebut kepada Badan Amil Zakat/Lembaga Amil Zakat di Tanah Air untuk menyalurkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement